Terpilih, Uda-Uni Duta Wisata Pessel 2017 Diharapkan Bisa Tingkatkan Promosi Wisata Daerah

Uda-Uni Duta Wisata Pessel 2017 yang terpilih pada malam penutupan Festival Langkisau
Uda-Uni Duta Wisata Pessel 2017 yang terpilih pada malam penutupan Festival Langkisau (Istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Serangkaian kegiatan penutupan pelaksanaan iven tahunan Festival Langkisau , Sabtu 22 April 2017, resmi ditutup dengan terpilihnya Uda-uni Duta Wisata 2017 Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel )- Sumbar . Terpilihnya Uda-Uni Duta Wisata 2017 diharapkan mampu untuk meningkatkan promosi pariwisata dan menggerakkan ekonomi kreatif daerah untuk Pesisir Selatan lebih maju.

"Terpilihnya Uda-Uni Duta Wisata Pessel 2017 keberadaannya sangat diharapkan untuk bisa membangun komitmen dalam mempromosikan wisata di daerah kita. Sehingga dengan adanya Uda-Uni, bisa meningkatkan ekonomi kreatif daerah yang sesuai dengan visi-misi daerah kita," ujar Bupati Pessel Hendrajoni , didampingi Ketua TP-PKK Pessel , Lisda Rawdha Hendrajoni yang sekaligus sebagai Pembina Uda-uni Duta Wisata Pessel 2017 .

baca juga: Sudah Satu Bulan Lebih Pessel Tanpa Kasus Baru COVID-19

Kegiatan yang dimulai pukul 21.00 WIB hingga pukul 01.00 WIB dini hari juga dihadiri oleh Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Kementerian Pariwisata RI, Raseno Arya dan  tamu-tamu istimewa dari ikatan Uda-Uni se- Sumbar dan seluruh unsur Forkompimda setempat, serta Kapala Dinas Pariwisata , Pemuda dan Olahraga Pessel , Zefnihan sebagai panitia pelaksana serta disaksikan langsung oleh ribuan masyarakat Pessel .

Hendrajoni megatakan, pelaksanaan Festival Langkisau berlangsung dengan berbagai perlombaan serta iven-iven berskala nasional yang berjalan sukses sejak 14 April sampai 22 April 2017. Festival Langkisau berakhir pada pelaksanaan Grand Final Uda-uni Duta Wisata Pesisir Selatan hingga sukses terpilih 1 pasangan dari 13 pasangan Uda-Uni yang diseleksi secara selektif.

baca juga: Bawa Sabu, Seorang Pria Ditangkap di Depan Mapolres Pariaman

"Dengan hasil yang selektif dari dewan juri dan panitia, 1 pasang Uda-Uni yang terpilih, kita harap bisa membawa nama baik daerah hinga ke mancanegara,"terangnya.

Selain itu, Hendrajoni juga mengatakan, suksesnya pelaksanaanFestival Langkisau dibuktikan dengan meningkatkanya jumlah pengujung yang datang ke daerah itu.

baca juga: Proses Verifikasi Faktual Pilkada di Pessel Berjalan Lancar

"Ini sangat luar biasa, selama sepekan kegiatan ini bisa menghadirkan 37 ribu pengunjung. Bahkan, perputaran uang di daerah kita selama berlansungnya Festival Langkisau mencapai Rp.15 Miliar lebih," ungkapnya.

Kedepanya, Hendrajoni berharap, kesuksesan iven tahunan yang telah dilaksanakan tahun ini, bisa menjadi evaluasi bagi Pemerintah Kabupaten Pessel . Setidaknya bisa menjadi bandingan untuk iven-iven selanjutnya dan sesuai target yang diupayakan.

baca juga: Pantai SUTA Kampung Pandan, Objek Wisata 90-an yang Kini Hadir Kembali

"Untuk iven tahun depan akan ditingkatkan lagi, kita tidak bisa puas untuk kemanjuan Pessel . Mari maju dan maju untuk Pessel lebih baik,"pungkasnya.

Uda-uni Duta Wisata Pessel yang tepilih tahun ini dipercayakan kepada M. Rihdo Gusti berasal dari Kecamatan Lengayang sebagai Uda Duta Wisata Pessel 2017 , dan Puti Anisa berasal dari IV Jurai sebagai Uni Duta Wisata Pessel 2017 .

Sedangkan untuk beberapa kategori lainnya, diberikan kepada 12 pasangan yang terpilih pada grand final malam itu, sesuai dengan keterampilan yang diseleksi oleh dewan juri.

"Uda-Uni terpilih, jangan hanya memanfaatkan momen ini sebagai batu loncatan saja. Dengan kemenangan yang diraih, yang terpilih harus bisa meperlihatkan komitmen untuk kemajuan daerah," tutup Hendrajoni .

[Kiki Julnasri Priatama]

Penulis: Webtorial