GP Austin : Vinales-Rossi Harus Atasi Kelemahan M1 Sebelum Race

Maverick Vinales
Maverick Vinales (Motogp.com)

KLIKPOSITIF -- Jelang balapan seri ketiga MotoGP 2017 di Circuit Of the Americas (COTA) digelar, dua pebalap Movistar Yamaha , Maverick Vinales dan Valentino Rossi malah mendapatkan kendala dengan motor YZR-M1-nya.

Kendala tersebut dianggap akan menjadi ancaman bagi mereka yang menempati posisi kedua dan ketiga untuk menghadapi Marquez yang bertengger di posisi pertama start.

baca juga: Jalani Operasi Lagi, Kapan Marc Marquez Bisa Kembali ke Lintasan?

Selama tiga sesi latihan bebas, Vinales mengeluhkan peforma motornya yang sangat lemah di tikungan. Begitu pula dengan Rossi, tunggangan mereka seakan kehilangan tenaga begitu melintas trek menikung tajam sirkuit Austin tersebut.

"Kami masih harus memperbaiki di tikungan lambat. Dari semua (tes) pramusim dan beberapa balapan, kami harus lebih cepat di tikungan lambat, karena kami masih benar-benar lambat," kata Vinales melalui Motorsport.

baca juga: Muncul dan Hilang Misterius, Fakta Monolit Logam di Utah Mulai Terkuak?

Selain peforma di tikungan, ia juga mengeluhkan sistem pengereman yang menurut mantan pebalap Ecstar Suzuki tersebut juga belum optimal.

Di Austin sebutnya, semua pebalap membutuhkan sistem dengan mode pengereman yang keras karena sirkuit tersebut memiliki beberapa tikungan yang tajam.

baca juga: Suzuki Ternyata Sempat Berniat Rekrut Rossi

"Namun begitu masalah (pengereman) ini sudah bisa diatasi saat kualifikasi kemaren. Kami akan semakin meningkat di balapan nanti," sebut Vinales.

Selain itu, Vinales mengaku dirinya tak memiliki masalah dengan permukaan trek yang tak rata atau bergelombang (bump) di Austin.

baca juga: Vinales Sebut 2020 Jadi Musin Terburuknya

Itu, dijelaskan Vinales, karena penampilannya di Austin mampu lebih baik dari mulai kompetisi MotoGP pada dua tahun lalu. Selain itu, untuk tahun ini, Vinales mengaku terbantu dengan performa motor.

"Mungkin gaya balap saya sedikit membantu. Tapi apapun itu, kami memiliki motor yang benar-benar stabil bahkan di titik pengereman. Saya senang karena itu artinya saya akan aman di atas motor," jelas dia.

Namun, untuk tahun ini ada bump menjadi lebih banyak karena itu para pebalap mesti memerhatikan posisi motor di trek sebelum titik pengereman.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa