Presiden: Jangan Persulit Investor Untuk Pergerakan Ekonomi

Ilustrasi
Ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan investor sangat dibutuhkan agar pertumbuhan ekonomi selalu bergerak di negara Indonesia , sehingga semakin banyak rakyat yang mendapatkan pekerjaan karena investasi dapat membuka lapangan kerja.

" Indonesia sekarang semakin kompetitif untuk industri otomotif. Berdasarkan data dari Kementerian Perindustrian, bahwa pertumbuhan industri otomotif di Indonesia itu rata-rata 10 persen lebih," kata Jokowi di Jawa Barat, Selasa (25/4).

baca juga: Honda Berpeluang Produksi Motor Adventur di Bawah 250 CC

Dengan pasar yang besar seperti itu, Presiden Jokowi meyakini akan lebih banyak lagi investasi di bidang otomotif yang akan masuk di Indonesia karena pasarnya yang sangat besar.

Seiring dengan investasi Jokowi juga berharap Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki negara ini juga dapat ditingkatkan untuk dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan oleh industri yang berivestasi di Indonesia .

baca juga: Pemerintah Optimis Ekonomi Segera Pulih

Presiden menegaskan, SDM merupakan salah satu pilar utama kebijakan pemerataan ekonomi yang baru diluncurkan oleh pemerintah.

"Disini kita akan menempuh dengan penguatan pendidikan vokasi, vocational school dan juga vocational training, serta kewirausahaan dan pasar tenaga kerja.," jelasnya.

baca juga: Jelang Akhir Pekan Harga Emas Batangan Turun Lagi

Ditegaskan Presiden, pemerintah akan terus mengeluarkan kebijakan yang menemukan kecocokan kerja link and match atau job matching antara vokasi dan industri .

"Kita kuatkan program vokasi untuk industri yang memiliki asosiasi kuat dengan skema vokasional yang telah berjalan seperti di sektor otomotif, sektor pariwisata , dan sektor perhubungan. Sehingga, tenaga kerja kita tidak hanya pintar saat di kelas tetapi juga handal di lapangan," tegasnya. (*)

baca juga: Usai Terpuruk, Harga Minyak Dunia Berbalik Naik

Penulis: Eko Fajri