BPBD Pessel: HKBN Tahun Ini memang Tidak Optimal

Suasana simulasi yang digelar di kantor BPBD Pessel.
Suasana simulasi yang digelar di kantor BPBD Pessel. (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri Priatama)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyebut sehari sebelum pelaksanaan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional ( HKBN ) 2017 di Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel )- Sumbar sudah disosialisasikan kepada masyarakat.

"Untuk simulasi mandiri ini sudah diberitahu sesuai imbauan kemarin. Semua OPD dan instansi serta masyarakat yang mendengar bunyi sirine agar keluar rumah dan pindah ke daerah terbuka," jelas Kabid Pascabencana dan Kesiapsiagaan BPBD Pessel , S Marpaung, Rabu 26 April 2017 saat simulasi digelar.

baca juga: Kabar Gembira! Diskon Tambah Daya "Super Merdeka" untuk UMKM dan IKM Kembali Diperpanjang Hingga Akhir Tahun

Dia mengakui, pelaksanaan simulasi Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional ( HKBN ) di daerah itu, tidak dirasakan seluruh masyakat yang terdapat di daerah itu. Sebab, karena keterbatasan sirine dan repeater tidak jadinya simulasi itu terbatas dilakukan.

"Simulasi evakuasi, kami hanya menggunakan shelter di Kantor BPBD saja. Terkhusus di ibukota Kabupaten, sebab peralatan kita serba terbatas," terangnya.

baca juga: Besok Bawaslu Sumbar Akan Plenokan Kasus Kasatpol PP Padang

Lanjutnya, untuk mengaktifkan sirine yang hanya terdengar di sekitar kantor BPBD Pessel itu dilakukan secara manual karena tidak ada repeater.

"Sirine yang kita punya di shelter BPBD hanya satu dan dihidupkan secara manual. Jadi, kemungkinan hanya terdengar di pusat kota yang terdekat dengan kantor kita," tutupnya.'

baca juga: Gubernur Sumbar Serahkan Bonus 1,6 Miliar Pada Atlet Berprestasi

[Kiki Julnasri Priatama]

Penulis: Agusmanto