Rawan Bencana, Mentawai Tak Ikut Parade Kesiapsiagaan Bencana

Parade di Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) 2017 di Padang.
Parade di Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) 2017 di Padang. (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kabupaten Kepulauan Mentawai termasuk daerah rawan bencana di Sumbar . Daerah ini sering diguncang gempa serta pernah dihantam tsunami . Namun, pada Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional ( HKBN ) Mentawai tidak ambil bagian.

Akses menjadi salah satu penghalang BPBD Mentawai tidak ikut dalam simulasi bencana kali ini. Parade kesiapsiagaan bencana dimulai dari GOR Haji Agus Salim hingga Kantor Gubernur Sumbar dengan peserta BPBD di semua Kabupaten/Kota menggunakan iring-iringan semua perlengkapan siaga bencana .

baca juga: Mualim; Perjuangkan ABS-SBK untuk Bentengi Generasi Muda

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit mengatakan, tidak ikutnya Kabupaten Kepulauan Mentawai disebabkan jarak tempuh untuk mengangkut kendaraan mereka. "Personil BPBD nya ada, namun kendaraan dan peralatan mereka tidak bisa dilibatkan," ungkapnya.

Wagub menyebutkan, kesiapsiagaan bencana harus selalu ditingkatkan, apalagi Mentawai . Akses menuju daerah itu cukup sulit dan penanganan saat bencana pun sering mengalami kendala. "Kami maklum saja, Mentawai itu jauh dan kendalanya juga banyak," papar Wagub.

baca juga: Terus Bertambah, Jumlah Penerima BPUM di Pariaman Hampir Capai 5 Ribu

Kalaksa BPBD Sumbar , Nasridal Patri membenarkan jika Kabupaten Kepulauan Mentawai tidak ikut serta membawa peralatan mereka, tapi untuk kesiapsiagaan bencana Mentawai terus ditingkatkan. Bahkan, daerah lain siap membantu setiap terjadi bencana.

"Akses memang salah satu kendala di kabupaten tersebut untuk menembus daerah bencana. Namun, jika terjadi bencana bantuan dari provinsi selalu datang," tutup Nasridal.

baca juga: 26 Orang Petugas TPS di Pariaman Diganti karena Dinyatakan Reaktif

[Joni Abdul Kasir]

Penulis: Agusmanto