Ribuan Siswa SMP di Pasaman Ikuti UN

ilustrasi
ilustrasi (istimewa)

PASAMAN , KLIKPOSITIF -- Sebanyak 5.192 siswa dari 52 sekolah setingkat Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) sederajat di Pasaman mengikuti Ujian Nasional , Selasa 2 Mei 2017. Dari jumlah tersebut, 4.891 siswa diantaranya mengikuti UN berbasis kertas pensil, sedangkan 301 siswa lainnya mengikuti UN berbasis komputer.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasaman , Ali Yusri mengatakan, untuk tahun ini jumlah sekolah yang mengikuti UN sebanyak 52 sekolah. 42 sekolah diantaranya adalah sekolah negeri dan 10 lagi sekolah swasta.

baca juga: Innalillah, Istri Rektor Institut Teknologi Padang Meninggal Dunia

"Dari 42 sekolah negeri itu, dua sekolah diantaranya mengikuti UN berbasis komputer yakni, SMPN 1 Rao Selatan dan SMPN 2 Padang Gelugur," terangnya.

Dia mengatakan, dua sekolah tersebut bergabung melaksanakan UNBK di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang telah ditunjuk dan memiliki fasilitas cukup untuk melaksanakan UN berbasis komputer.

baca juga: MA Kabulkan Permohononan LKAAM Sumbar, KPAI Dorong 3 Kementerian Cari Jalan Lain

"Kita menunjuk salah satu SMK karena fasilitas untuk melaksanakan UN berbasis komputer masih minim dan tidak memadai," terangnya.

Sejauh ini, katanya tidak ada kendala terkait UN SMP sederajat, baik itu dalam pendistribusian soal hingga penjagaan dan pemantauan jalannya UN.

baca juga: Mahyeldi Ajak Seluruh Komponen Semangat Selesaikan Pembangunan Masjid

"Semoga UN kali ini berjalan lancar. Kami mengimbau agar para orangtua mengawasi anak-anak mereka untuk mengikuti UN tahun ini supaya hasilnya lebih maksimal,” katanya.

[Riki Hendra]

baca juga: Pemkab Pessel Gratiskan Biaya Pendidikan SD dan SMP, Anggarannya Rp5,4 Miliar

Penulis: Agusmanto