Motor Listrik Bakal Ikut Balapan di Ajang MotoGP 2019

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

MOTOGP , KLIKPOSITIF -- Penyelenggara MotoGp mengonfirmasi bakal melaksanakan balapan motor listrik pada musim MotoGp 2019 nanti. Hal tersebut diungkapkan oleh CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta pada Motorsport.

Ia mengatakan meskipun balapan motor listrik ini belum begitu populer, empat pabrikan sepeda motor telah menawarkan untuk memasok 18 motor di ajang balapan tersebut.

baca juga: Rossi Bakal Umumkan Tim Balapnya VR46 di MotoGP Perancis

Motor balap listrik diyakini dapat mencapai kecepatan sekitar 200 km/jam, sedikit lebih lambat dari motor Moto3, sementara balapan direncanakan masing-masing berlangsung 10 lap. Ia juga menyebut bahwa tim satelit MotoGP, serta sejumlah tim papan atas Moto2 akan mendapat jaminan slot grid untuk kejuaraan baru balap motor listrik ini. Dengan catatan jika mereka ingin berpartisipasi.

"Proyek ini sangat maju. Kemungkinan besar pada 2019, kami akan memiliki beberapa balap pendukung (untuk MotoGP) di Eropa," katanya.

baca juga: Motor Listrik Baru Harley-Davidson Akan Diluncurkan Juli

Ia menjelaskan jika pada balapan Formula E-yang telah menerapkan kendaraan listrik terlebih dahulu-mengandalkan generator gliserin netral karbon untuk mengisi ulang mobilnya di antara sesi, namun pada MotoGp, pihaknya mengingkan teknologi panel surya untuk balapan.

"Kami ingin baterai diisi ulang dari panel surya, bukan dari generator seperti kejuaraan lainnya," sebut Ezpeleta.

baca juga: LiveWire Bakal Jadi Nama Motor Listrik Harley-Davidson

Penerapan teknologi panel surya menurutnya bakal memberikan keuntungan yang berlebih terhadap penyelenggara balapan di suatu negara.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa