Begini Tradisi Masyarakat Bulakan Balai Kandi Payakumbuh Sambut Ramadan

Tradisi Makan Bajamba Sambut Ramadan
Tradisi Makan Bajamba Sambut Ramadan (Ade Suhendra/Klikpositif)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -- Jelang memasuki bulan Ramadhan 1438 H, berbagai kegiatan dilakukan masyarakat untuk menyambut bulan suci tersebut. Salah satunya di daerah Bulakan Balai Kandi, Koto Nan Ampek, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh pada Minggu 7 Mei 2017.

Ratusan masyarakat berbondong-bondong mendatangi makam dan pandam pekuburan untuk bergotong royong. Membersihkan makam sanak keluarga sekaligus mengirimkan doa kepada orang-orang yang telah meninggal dunia.

baca juga: Terungkap, Ini Motif Pelaku Pembunuh Nenek di Payakumbuh

Andi Mardelim Amel, salah seorang pengurus masjid mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan tahunan menyambut bulan suci Ramadhan.

"Ada tujuh pandam kuburan dari beberapa suku seperti Suku Simabua, Pitopang, Sikumbang dan suku lainnya yang didatangi dan dibersihkan bersama. Kemudian juga menggelar shalawat nabi yang ditutup dengan makan bajamba di Masji Lamo atau Masjid 'Asyodiah Bulakan Balai Kandi," ujar Andi yang juga pelatih di Bengkel Seni Minanga Center Payakumbuh ini.

baca juga: Dicokok Polisi, Tersangka Pembunuh Nenek di Payakumbuh Ternyata Orang Dekat Korban

Ia menjelaskan, kegiatan rutin tahunan yang dilakukan ini juga dalam rangka menjalin silaturahim antar masyarakat yang ada di Kelurahan Bulakan Balai Kandi. Kemudian juga wadah komunikasi bagi pengurus masjid dan perangkat pemerintahan setingkat kelurahan dengan masyarakat baik yang ada di kampung maupun yang dirantau.

[Ade Suhendra]

baca juga: Nenek di Payakumbuh Ditemukan Meninggal Dunia di Dalam Warungnya, Polisi: Ada Luka Tusuk di Tubuh Korban

Penulis: Rezka Delpiera