Trio Spanyol Kuasai Podium Seri ke 3000 MotoGP

Dani Pedrosa
Dani Pedrosa (Net)

MOTOGP , KLIKPOSITIF -- Tiga pebalap Spanyol, Dani Pedrosa , Marc Marquez dan Jorge Lorenzo menguasai podium seri ke 3000 MotoGP Jerez . Posisi pertama ditempati oleh Pedrosa.

Posisi kedua ditempati oleh Marc Marquez dan ketiga di susul oleh pebalap Ducati, Jorge Lorenzo. Pedrosa berhasil mengakhiri balapan dengan sempurna dan membuat jarak yang cukup jauh dengan Marquez sejak mula balapan .

baca juga: Jika Dapat Izin Balapan MotoGP di Valencia Akan Hadirkan Penonton

Pada putaran awal, pebalap Yamaha Tech 3 Johan Zarco sempat menyalip Ianone dan kemudian merebut posisi ketiga yang ditempati Marquez. Posisi kedua masih ditempati oleh Carl Crutchlow.

Memasuki lap keenam, Rossi yang memulai start di posisi ketujuh mulai memperbaiki posisinya menjadi peringkat keenam melewati Dovizioso dan Vinales. Selain itu, Jorge Lorenzo yang start di posisi kedelapan juga mulai bermain impresif dengan menempati posisi ke 5 pada putaran keenam tersebut.

baca juga: Penggunaan Radio Komunikasi di MotoGP? Ini Tanggapan Pebalap

Tidak lama kemudian, Crutchlow kehilangan tekanan pada depan dan kemudian terjatuh saat melintasi tikungan ke 11 sirkuit Jerez . Marquez naik ke posisi dua.

Empat lap berselang, Ianone bernasib sama dengan Crutchlow, ia juga terjatuh di tikungan 11.

baca juga: Beri Sentuhan Baru, Yamaha Beri Tiga Kelir Baru untuk X-Ride 125

Pada lap ke 12, Lorenzo berhasil menyalip Zarco dan menempati posisi ke tiga. Berbeda dengan Rossi, ia tampak melebar saat menikung ke kiri dan melorot posisi keenam setelah disalip Dovizioso. Sementara itu, rekan setimnya, Maverick Vinales mulai menyodok ke posisi 5 dan meninggalkan Rossi di posisi ke 7.

Perebutan posisi ke 5 semakin hangat saat Dovizioso berhasil menyalip Vinales. Namun begitu, Rossi tampak tidak memiliki peforma yang cukup bagus, posisinya terus menurun usai disalip Danilo Petruci saat balapan tersisa 10 lap. Hingga akhir, Rossi hanya bisa bertahan di posisi ke 10.

baca juga: VR46 Milik Rossi Bisa Balapan di Kelas Utama MotoGP Musim Depan

Pedrosa berhasil menjadi juara pada seri ke 3000 MotoGP ini. Seri kelima akan digelar di sirkuit Le Mans, Perancis, 21 Mei 2017 mendatang.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa