Selama Ramadan, Proses Belajar Mengajar di Sekolah Diliburkan

ilustrasi kegiatan Pesantren Ramadan di Padang.
ilustrasi kegiatan Pesantren Ramadan di Padang. (istimewa)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Selama bulan Ramadan , seluruh siswa di Kota Padang tidak akan mengikuti proses belajar mengajar ( PBM ) di sekolah . PBM kali ini akan digantikan dengan proses pembentukan karakter di masjid dan musala yang berada di sekitar tempat tinggal siswa tersebut.

"Untuk proses belajar mengajar selama Ramadan tidak ada, seluruhnya akan dipindahkan ke masjid atau musala sebagai Pesantren Ramadan ," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang , Barlius saat dihubungi KLIKPOSITIF , Senin 8 Mei 2017.

baca juga: Innalillah, Istri Rektor Institut Teknologi Padang Meninggal Dunia

Dia mengatakan, tujuan dari Pesantren Ramadan yang diadakan setiap tahun itu bisa membentuk karakter siswa dalam kehidupannya sehari-hari. "Intinya Pesantren Ramadan ini merupakan salah satu cara untuk mengurangi banyaknya siswa yang terlibat tindak kriminal seperti pencurian, penganiayaan dan lain-lain," lanjutnya.

Dia berharap agar seluruh siswa di Kota Padang bisa mengikuti kegiatan tersebut dengan sebaik mungkin dan kegiatan tersebut bisa berdampak terhadap kehidupan sosial siswa itu sendiri. Dia menambahkan dengan adanya Pesantren Ramadan bisa mengurangi aksi tawuran yang saat ini sangat marak di Kota Padang .

baca juga: Ini Penyebab Vaksinasi Lansia di Puskesmas Andalas Minim

"Jangan sampai Pesantren Ramadan ini hanya sebagai kewajiban semata, tapi bisa mengubah pribadi siswa ke arah yang lebih baik," sambungnya.

[Halbert Caniago]

baca juga: Libur Lebaran, Vaksinasi di Kota Padang Tersendat

Penulis: Agusmanto