Sinkronkan Program, Kepala Daerah Terpilih Harus Ikut OKKPD

Mendagri Tjahjo Kumolo
Mendagri Tjahjo Kumolo (kemendagri)

KLIKPOSITIF -- Kementerian Dalam Negeri ( Kemendagri ) menyatrakan kepala daerah terpilih dalam Pilkada serentak perlu mengikuti orientasi kepemimpinan penyelenggaraan pemerintah daerah (OKKPD) untuk mensinkronisasikan program pusat dan daerah.

Dikutip dari laman resmi Kemendagri , Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan, program OKKPD ini merupakan upaya pemerintah pusat untuk memberikan pendidikan dan pelatihan kepada kepala daerah baru. Mereka harus paham bagaimana mengelola pemerintahan secara baik dan benar.

baca juga: PKS Yakin Jokowi Tidak Ingin 3 Periode, Tapi..

"Kami ingin untuk menyamakan visi persepsi sebuah sistem pemerintahan nasional presidensial, kemudian membangun tata kelola pemerintahan efisien dan memperkuat otonomi daerah,” kata Tjahjo. Jumat (12/5).

Para kepala daerah terpilih yang baru ini, kata dia memiliki latar belakang yang berbeda-beda, tak semuanya dari kalangan birokrat. Untuk itu, diperlukan penyamaan persepsi tentang upaya membangun pemerintahan efektif dan efisien.

baca juga: Merasa Namanya Dicatut, Waketum Gerindra Polisikan Ketua KNPI

Dia menambahkan, selain OKPPD dari Kemendagri , para kepala daerah itu juga akan mendapatkan orientasi dari Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) dan kementerian/lembaga terkait. Maksudnya agar pola pikir mereka lebih komprehensif.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikatakan juga akan melangsungkan pertemuan dengan para gubernur ini secara rutin di Jakarta. Hal ini diperlukan untuk memastikan kembali berjalannya program pemerintahan pusat bersinergi di daerah.

baca juga: Asrinaldi: Andre Rosiade Ambil Peran dalam Pembangunan Sumbar

"Kepala daerah itu kan punya janji politik selama kampanye. Makanya harus direalisasikan, tapi tetap harus sinkron dengan pusat," kata Tjahjo. (*)

Penulis: Eko Fajri