Masalah Ban Jadi Kunci Keberhasilan Rossi di Le Mans

Valentino Rossi
Valentino Rossi (Movistar Yamaha)

MOTOGP , KLIKPOSITIF -- Valentino Rossi masih kesulitan dengan ban buatan Michelin yang diterapkan pada TZF-M1 tunggangannya. Komparasi mesin besar Yamaha dengan kekuatan ban Michelin telah memberikan efek buruk terhadap The Doctor pada seri Jerez pekan lalu.

Kondisi demikian kemudian diperparah dengan tes resmi pasca seri Jerez , ia hanya mampu menjadi pebalap ke 21 dalam sesi tersebut.

baca juga: Kasus Corona Masih Tinggi, MotoGP Amerika Dibatalkan

Masalah ban adalah yang paling krusial bagi pemegang 7 gelar juara dunia MotoGP tersebut. Dengan begitu perpaduan settingan mesin dengan kekuatan ban menjadi kunci penting pada seri kelima MotoGP yang akan digelar di Le Mans , Perancis pekan depan.

"Yamaha mencoba untuk memperbaiki beberapa kelemahan yang terjadi pada tahun lalu. Akibatnya, mereka telah menemukan kekuatan yang berlawanan, seperti yang ditunjukkan pada tiga balapan pertama," kata jurnalis senior MotoGP, Guido Meda.

baca juga: Masa Depan Valentino Rossi Mulai Terkuak, Tidak Jadi Pensiun?

Meda beralasan, sirkuit Le Mans merupakan sirkuit yang menjadi favorit Yamaha dengan dinamika tikungan lintasan. Kondisi seperti seperti itu, pebalap tentunya sangat membutuhkan cengkraman ban yang baik dan tenaga yang prima saat keluar dari tikungan.

"Jika (ban) tidak ada perubahan, maka hasilnya sama saja dengan Jerez , atau bisa lebih buruk," sebut Meda.

baca juga: Berpotensi Tergusur dari Honda, Carl Crutchlow Tertarik Merapat ke Aprilia

Ia mengingatkan agar Yamaha bisa memikirkan beberapa aspek penting dalam balapan tersebut.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa