PBB: Situasi di Yaman Memburuk

Situasi di Yaman memburuk
Situasi di Yaman memburuk (xinhuanet)

KLIKPOSITIF - Juru bicara Badan Pengungsi PBB (UNHCR) memperingatkan bahwa situasi di Yaman memburuk. Hal itu diungkapkan oleh juru bicara Sekretaris Jendral PBB Antonio Guterres, Stephane Dujarric.

"Pertarungan di Taizz di Yaman telah mengungsikan hampir 50.000 orang sejak awal tahun ini. Ini merupakan tambahan dari 3 juta orang yang telah dicabut sejak dimulainya konflik, di antaranya 2 juta orang masih mengungsi dan 1 juta telah kembali ke rumah. Untuk kondisi genting, "kata

baca juga: Sekjen PBB Desak Kesepakatan Damai Perang Yaman

Badan tersebut dapat mengakses Mokha yang merupakan salah satu daerah yang terkena dampak paling parah di Taizz. Dikatakannya bahwa Badan tersebut mendistribusikan bantuan yang cukup untuk 6.200 orang pekan lalu.

Dilansir dari laman xinhua, Di Hudaydah, pihaknya melihat lonjakan kebutuhan kemanusiaan yang besar, dengan orang-orang yang kehilangan tempat tinggal di jalanan. Badan ini memimpin upaya untuk menanggapi perpindahan tambahan untuk mengantisipasi permusuhan yang semakin intensif di wilayah tersebut.

baca juga: Pesawat Tempur Saudi Mogok di Yaman; Pilot Melarikan Diri

Sementara itu, Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) di Yaman melaporkan bahwa jumlah kasus kolera dicurigai melebihi 14.000 dengan 186 kematian terkait. PBB dan mitranya mengirimkan pasokan ke 33 pusat perawatan diare dan fasilitas kesehatan di seluruh negeri.

Penulis: Fitria Marlina