Tradisi Balimau, BPBD Imbau Masyarakat Hindari Hulu Sungai

ilustrasi Balimau
ilustrasi Balimau (KLIKPOSITIF)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Kepala Badan Pengawasan Bencana Daerah ( BPBD ) Kota Padang , Edi Hasymi mengimbau masyarakat Kota Padang agar waspada terhadap bencana saat melakukan tradisi balimau yang digelar Kamis 25 Mei 2017. Dia menyebut, keadaan cuaca saat ini sangat tidak menentu dan sering kali berpotensi hujan di daerah hulu sungai.

"Bagi masyarakat yang akan pergi balimau diharapkan agar memperhatikan cuaca. Jangan sampai ada korban dalam balimau ini," imbaunya.

baca juga: Banyak Merawat Pasien Covid-19, Begini Kondisi di SPH

Dia juga mengatakan bahwa jika terlihat cuaca gelap di bagian hulu sungai, masyarakat diharapkan meninggalkan lokasi karena seringkali intensitas air sungai tiba-tiba besar. Selain itu, BPBD Kota Padang juga akan melakukan mobiling untuk memantau kegiatan balimau masyarakat di Kota Padang .

"Selain mobiling, kami juga telah mengerahkan Forum Komunikasi Siaga Bencana (FKSB) seluruh kelurahan untuk memperhatikan lokasi balimau di tempat masing-masing," sambungnya.

baca juga: DLH Rencanakan Tambah Kubus Apung Tahun Depan

Dia berharap pada tradisi balimau kali ini tidak terjadi hal yang tidak diinginkan dan seluruh masyarakat Kota Padang bisa melaksanakan ibadah pada bulan Ramadan dengan baik.

[Halbert Caniago]

baca juga: BST Tahap Enam Dikucurkan untuk 21.808 Penerima di Padang

Penulis: Agusmanto