HARDIKNAS: Siswa di Maluku Bagikan Bunga kepada Guru

Seorang siswa memberikan bunga kepada guru saat Peringatan Hari Pendidikan Nasional
Seorang siswa memberikan bunga kepada guru saat Peringatan Hari Pendidikan Nasional (http://static.republika.co.id/)

KLIKPOSITIF - Siswa membagikan bunga kepada guru mereka pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2016 di Kota Ambon, Maluku, Senin pagi (2/5).

"Beta (saya) diwajibkan membawa 2 tangkai bunga yang akan diberikan kepada wali kelas," kata Freisha, siswa kelas 4 SD Xaverius Ambon.

baca juga: Muhaimin Iskandar: Pajak Pendidikan Tidak Sesuai dengan Tujuan Dasar Bernegara

Mereka diwajibkan membawa dua tangkai bunga yang akan diberikan kepada guru kelas masing-masing. Selain itu, acara juga akna dilanjutkan dengan makan bersama.

Selain bunga, siswa juga diwajibkan membawa buah-buahan untuk acara makan bersama seluruh siswa dan guru di sekolah favorit tersebut. Guru juga membawa makanan sehingga terdapat variasi makanan dalam acara makan bersama itu.

baca juga: Termasuk Pajak Sembako dan Jasa Pendidikan, DJP Sebut Ciptakan Keadilan Bagi Masyarakat

Disisi lain, para siswa sekolah dasar (SD), SMP maupun SMA dan sederajat datang ke sekolah memakai pakaian cele, pakaian tradisional masyarakat Maluku untuk mengikuti upacara peringatan Hardiknas di sekolah masing-masing.

Baju cele merupakan pakaian bermotif kotak-kotak yang telah ditetapkan Pemerintah Kota Ambon sebagai seragam wajib digunakan siswa dan guru pada setiap hari Kamis.

baca juga: Fakultas Teknologi Industri UBH Targetkan Raih Akreditasi Internasional

Sementara itu, peringatan Hardiknas Tingkat Provinsi Maluku, berlangsung dipusatkan di Lapangan Merdeka Ambon, Pukul 08.00 WIT yang dipimpin Gubernur Maluku, Said Assagaff sebagai inspektur upacara.

[Fitria]

baca juga: Pemko Pariaman Serahkan Beasiswa Sagasaja Untuk 60 Mahasiswa

Penulis: Fitria Marlina