Biaya Retribusi Pedagang di Pasa Pabukoan Solok Naik, Ini Penjelasannya

Suasana di Pasar Pabukoan Kota Solok, depan Pasar Semi Moderen
Suasana di Pasar Pabukoan Kota Solok, depan Pasar Semi Moderen (KLIKPOSITIF/Syafriadi)

SOLOK, KLIKPOSITIF -- Kabid Sarana dan Pengelolaan Pasar Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Solok , Herneti  mengakui adanya kenaikan biaya retribusi yang harus dibayarkan pedagang pasar pabukoan. Kenaikan ini mencapai 50 persen dibanding tahun lalu.

"Betul, Ramadhan tahun lalu para pedagang pabukoan yang dipusatkan di Jalan Cengkeh dikenakan retribusi Rp100 ribu. Namun tahun ini di pasar pabukoan depan pasar semi modern dikenakan Rp150 ribu per-pedagang," sebut Harneti.

baca juga: Kota Solok Kembali Raih KLA Kategori Madya

Kenaikan ini, Jelasnya, untuk mengimbangi kenaikan harga saat ini, sebab sejumlah sarana pasar pabukoan seperti tenda, itu semuanya disewa dan juga untuk operasional persiapan pasar pabukoan. Kenaikan retribusi ini menurutnya merupakan kebijakan dari Dinas Koperasi Perdagangan dan UKM Kota Solok .

"Kenaikan ini merupakan kebijakan Dinas, lagian dana ini tidak masuk dalam retribusi daerah, kemungkinan untuk jerih payah kawan-kawan yang di Dinas Pasar, kan memang tidak ada anggaran untuk kawan-kawan," sebut Harneti.

baca juga: Usaha Kambing Hantarkan Hendra Saputra Wakili Kota Solok di Tingkat Provinsi

Ia menyebutkan, uang retribusi maupun kenaikan memang tidak ditetapkan berdasarkan tarif dari Perda dan tidak masuk dalam Pendapatan Asli Daerah. Retribusi ini hanya bentuk kontribusi pedagang terhadap pasar.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pedagang pasar pabukoan yang dipusatkan di depan pasar Semi Modern Kota Solok mengeluhkan kenaikan biaya retribusi dibanding tahun lalu yang mencapai 50 Persen.

baca juga: Wawako Solok : Generasi Muda Harus Tetap Produktif di Masa Pandemi

Disamping retribusi yang naik, para pedagang juga mesti membayar uang kebersihan dan listrik per-harinya lebih kurang Rp5 ribu. Baca berita Sebelumnya : Kota Solok Tetap Dikeluhkan Pedagang" href="http://bisnis. KLIKPOSITIF .com/baca/15086/ramai--pasar-pabukoan-kota-solok-tetap-dikeluhkan-pedagang">Ramai, Pasar Pabukoan Kota Solok Tetap Dikeluhkan Pedagang

[Syafriadi]

baca juga: Tekan Dampak Ekonomi, Pemko Solok Salurkan BST dan Beras PPKM

Penulis: Iwan R