Edarkan Narkotika di Rutan Lubuk Sikaping, Tiga Narapidana Diringkus

Tiga narapidana yang diduga transaksi dan menggunakan narkotika didalam rutan lubuk sikaping
Tiga narapidana yang diduga transaksi dan menggunakan narkotika didalam rutan lubuk sikaping (Ist)

PASAMAN , KLIKPOSITIF - Tiga orang narapidana di Rutan Lubuk Sikaping diringkus polisi karena diduga mengedar dan menggunakan narkotika jenis sabu di dalam sel. Tiga orang narapidana tersebut langsung digiring Satuan Narkorba Polres Pasaman Sabtu 3 Juni 2017 malam.

"Ada tiga orang narapidana kita tangkap karena diduga sebagai pengedar dan pememakai narkoba jenis sabu di kamar D blok Melati  Rutan Kelas II B Lubuk Sikaping " kata Kapolres Pasaman , AKBP. Reko Indro Sasongko pada KLIKPISITIF, Minggu (4/6).

baca juga: Antisipasi Pengangguran, Desa di Pariaman Beri Pelatihan Pada Puluhan Warga

Tiga orang narapidana tersebut yakni inisial M (29) narapidana dengan kasus pencurian sapi warga Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Dua orang lagi RA (25) warga Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat dan AP (35) warga Limo Koto Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman , yang diduga sebagai pengedar.

baca juga: Pembangunan GSG Pariaman Baru 30 Persen, Pemerintah Butuh Rp14 Miliar lagi

"Satu orang inisial RA statusnya masih saksi, sedangkan dua orang lagi sudah tersangka. Hingga dini hari tadi ketiganya masih dalam pemeriksaan penyidik di Polres Pasaman " ujar Reko.

Sementara itu Kasat Narkoba Polres Pasaman , Iptu. Roni menjelaskan krologis penangkapan tiga orang narapidana berawal Satuan Reserse Narkoba Polres Pasaman mendapatkan informasi dari salah seorang yang tidak mau disebutkan namanya yang memberitahukan bahwa pegawai Rutan Kelas II B Lubuk Sikaping telah menangkap narapidana dikarenakan telah memiliki narkotika jenis sabu dan selanjutnya petugas kepolisian mendatangi Rutan untuk memastikan informasi tersebut sekitar pukul 19.30 WIB.

baca juga: Pemkab Pessel Percepat Penyaluran BLT Nagari Guna Menjaga Daya Beli Masyarakat

Dari penelusuran pihak kepolisian memang benar pegawai Rutan telah menangkap narapidana inisial M dan RA di kamar D blok Melati Rutan Lubuk Sikaping .

Kejadian tersebut terjadi ketika pegawai Rutan melaksanakan patroli ke kamar napi, dikarenakan merasa curiga dengan gelagat narapidana inisial M, selanjutnya pegawai Rutan meminta ia untuk mengeluarkan semua barang-barang miliknya dan selanjutnya.

baca juga: Pessel Terima Bantuan Bedah Rumah Rp 4,4 Miliar dari Pemerintah Pusat

Pegawai Rutan menemukan satu buah kaca pirek yang terdapat sisa narkotika jenis sabu, satu buah pipet plastik warna bening yang terdapat sisa narkotika jenis sabu dan pada ujungnya terdapat filter rokok serta dua buah pipet plastik warna bening.

Barang tersebut semuanya terletak di bawah kolong tempat tidur narapidana M dan RA dan menurut keterangan mereka. Mereka membeli sabu tersebut kepada AP (35) yang juga narapidana kasus narkoba.

"Sabu tersebut dibeli seharga Rp. 300.000. Tiga orang narapidana beserta barang bukti telah diamankan di Polres Pasaman " ujarnya.

Informasi yang dihimpun KLIKPOSITIF , traksaksi jual bali narkoba tidak hanya sekali ini saja terjadi di Rutan Lubuk Sikaping . Tapi sudah berulangkali. 

(Man St Pambangun)

Penulis: Eko Fajri