Pemkab Pessel Kembali Raih Opini WTP untuk Keempat Kalinya

Bupati Pessel Hendrajoni saat menerima penghargaan opini WTP dari Kepala BPK-RI Perwakilan Sumbar.
Bupati Pessel Hendrajoni saat menerima penghargaan opini WTP dari Kepala BPK-RI Perwakilan Sumbar. (Istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan ( Pessel ) kembali menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) 2017 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sumatera Barat, terhadap penyajian laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) tahun 2016, di daerah setempat.

Penyerahaan penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ini lansung diterima Bupati Pessel , Hendrajoni di Aula Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumbar, Jumat 2 Juni 2017 . Kepala BPK Perwakilan Sumbar, Eliza mengatakan, keberhasilan Kabupaten Pessel mempertahankan WTP adalah kali keempat Pemkab Pessel dalam pengelolaan keuangan daerah.

baca juga: Melirik Bisnis Kuliner Randang Ega di Pessel

Menurutnya, keberhasilan Pemkab Pessel itu karena penyajian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) untuk 2016. Penghargaan  ini menandakan keseriusan dan komitmen Pemkab  Pessel  dalam menyajikan laporan keuangan yang berbasis aktual dan tepat.

"Selain itu, ada juga beberapa Kabupaten/Kota di Sumbar yang mengalami peningkatan dan berhasil melalui penilaian Laporan Hasil Pemeriksaan. Saya sangat mengapresiasi Pessel untuk kali keempatnya, selain mempertahankan WTP dalam LKPD tahun 2016, laporannya juga sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan yang baik," sebut Eliza.

baca juga: Begini Suasana Musim Durian di Ganting Kubang Pessel

Dikatakan Eliza, dari keberhasilan komitmen dan keseriusan Pemkab Pessel mempertahankan penilaian WTP untuk yang keempat kalinya merupakan salah satu komitmen yang baik. Dengan adanya penghargaan itu, Pessel harus bisa terus berbenah dan tetap mejaga komitmen dalam menjalankan birokrasi pemerintahan yang baik.

"Kami berharap kedepannya, seluruh daerah bisa terus melakukan pembenahan dalam menyajikan laporan keuangan dengan lebih baik+ dan sempurna, "ujarnya.

baca juga: Dua Kasus Positif di Pessel Hari Ini, Anak dan Sopir dari Perantau Asal Kambang

Sementara itu, Bupati Pessel , Hendrajoni mengakui bahwa Pemkab Pessel telah berhasil meraih dan mempertahankan opini WTP untuk yang keempat kali itu. Menurutnya, hal itu adalah salah satu bukti dari hasil kerja keras seluruh OPD dan stahokeholder yang terus mengalami perkembangan dan melakukan pembenahan.

"Komitmen kami hanya untuk membangun Kabupaten Pessel . Semoga dengan penghargaan ini, dapat terwujud target pemerintah daerah seperti pembangunan untuk masyarakat yang mandiri, unggul, agamis dan sejahtera,"tuturnya.

baca juga: Hari ini Dua Warga Pessel Terkonfirmasi Positif Covid-19

Penghargaan penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diberikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan kepada Pemkab Pessel saat itu, merupakan opini tertinggi yang diberikan oleh pihak BPK. Sebelumnya penghargaan itu dilalukan dengan pemeriksaan atas sajian LKDP yang baik dalam mengelola keuangan daerah.

[Kiki Julnasri Priatama]

Penulis: Webtorial