HARDIKNAS: Wagub Ajak Semua Pihak Bergerak dalam Dunia Pendidikan

Penyerahan penghargaan kepada kepala dinas pendidikan kabubaten kota, dengan kategori pengelolaan pendidikan terbaik tahun 2015
Penyerahan penghargaan kepada kepala dinas pendidikan kabubaten kota, dengan kategori pengelolaan pendidikan terbaik tahun 2015 (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

KLIKPOSITIF - Wakil Gubernur Nasrul Abit mengajak semua pihak ikut bergerak dalam dunia pendidikan untuk mencerdaskan anak bangsa. Hal itu diungkapkan saat upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di lapangan kantor Gubernur Sumatra Barat, Senin 2 Mei 2016.

"Hari pendidikan nasional kita rayakan sebagai hari kesadaran tentang pentingnya kualitas manusia, sehingga bangsa Indonesia menjadi bangsa yang disegani dunia dan berhasil berkompetisi, jika kualitas manusianya tinggi", katanya.

baca juga: MA Kabulkan Permohononan LKAAM Sumbar, KPAI Dorong 3 Kementerian Cari Jalan Lain

Menurutnya, mutu pendidikan berdampak besar untuk maju dan sejahtera. "Karena dunia ini sangat berbeda dengan masa dahulu sebab revolusi teknologi menjadi lompatan sebagai cara kita hidup, bekerja dan belajar," tambahnya.

"Berikan dukungan sepenuhnya kepada anak-anak Indonesia, memastikan yang dipelajari memang dibutuhkan untuk menjawab tantangan zaman dengan mencakup tiga komponen yakni kualitas karakter, kemampuan literasi dan kompetensi," ujarnya.

baca juga: Pemkab Pessel Gratiskan Biaya Pendidikan SD dan SMP, Anggarannya Rp5,4 Miliar

Selain itu, anak-anak Indonesia harus mampu menyelesaikan masalah dengan memiliki pikiran yang kritis dengan kemampuan komunikasi serta kemampuan kolaborasi. "Kita semua lahir sebagai pelajar dan memiliki rasa ingin tahu yang besar dan keberhasilan untuk mencoba yang diperoleh dari permainan dan petualangan, lalu melangkah masuk sekolah untuk memperoleh pendidikan untuk masa depan," tuturnya.

Dalam kesempatan Hardiknas tahun 2016 juga memberikan penghargaan kepada Kab/Kota pengelola pendidikan terbaik tahun 2015 yakni juara 1 oleh Kabupaten Tanah Datar, juara 2 Kabupaten Dharmasraya dan juara 3 Kabupaten Limapuluh Kota. Untuk Kota diraih oleh Kota Payakumbuh sebagai juarA 1, juara 2 Kota Padangpanjang dan juara 3 diraih oleh Kota Bukittinggi.

baca juga: Bupati Pessel Minta Camat dan Wali Nagari Sampaikan Ini pada Masyarakat

Sedangkan untuk Pengelola Pendidikan Terbaik Satuan Pendidikan tahun 2015 diperoleh 19 kab/kota dengan rincian peringkat yang menduduki 10 Besar. Juara 1 diperoleh SMAN 1 Padang, juara 2 SMAN 1 Batusangkar, juara 3 SMAN 1 Bukittingi, juara 4 SMAN 1 Sumatera Barat, juara 5 SMAN 1 Agam Cendikia, juara 6 SMAN 1 Payakumbuh, juara 7 SMAN 1 Sijunjung, juara 8 SMAN 1 Lubuk Alung, juara 9 SMAN 1 Pariaman dan juara 10 SMAN 1 Pasaman.

[Joni]

baca juga: Pendidikan Anak-anak Awak Kapal Nanggala 402 yang Gugur Dijamin Negara

Penulis: Fitria Marlina