Satu dari 20 wanita hamil Terinfeksi Zika di AS

Ilustrasi
Ilustrasi (pixabay)

KLIKPOSITIF - Satu dari 20 wanita hamil di AS yang terinfeksi virus Zika dikonfirmasi memiliki bayi atau janin dengan cacat lahir. Sebuah laporan yang dirilis pada Kamis (8/7), wanita dengan infeksi Zika yang dikonfirmasi selama trimester pertama berjumlah sebanyak delapan persen, atau hampir satu dari 12 orangnya memiliki bayi atau janin dengan cacat lahir terkait virus Zika.

"Laporan ini merupakan laporan pertama dari wilayah AS dengan jumlah kehamilan terbanyak untuk konfirmasi laboratorium dengan infeksi virus Zika sampai saat ini," kata laporan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) AS.

baca juga: Biden Ingin Kembalikan Kepercayaan Pemimpin Dunia pada Amerika

"Seperti temuan terbaru ini, virus Zika merupakan ancaman serius bagi wanita hamil dan bayinya, terlepas dari kapan infeksi terjadi selama kehamilan. Wanita di wilayah AS dan tempat lain yang terus-menerus terpapar nyamuk yang membawa Zika. Kita harus tetap waspada dan berkomitmen untuk mencegah infeksi ini," kata Direktur Pelaksana CDC Anne Schuchat.

Analisis baru yang dipublikasikan dalam Laporan Mutu Morbiditas dan Kematian CDC, mengkaji kasus 2.549 wanita dengan kemungkinan infeksi virus Zika dan 1.508 telah mengkonfirmasi infeksi virus Zika.

baca juga: Nama Pejabat di Era Obama Muncul, Biden: Ini Bukan Pemerintahan Obama Ketiga

Dalam laporan ini, lebih dari 120 kehamilan mengakibatkan cacat kelahiran Zika. Data yang dilaporkan ke kehamilan Zika dan pendaftar bayi berasal dari Samoa Amerika , Persemakmuran Puerto Riko, Negara Federasi Mikronesia, Kepulauan Marshall, dan Kepulauan Virgin Amerika Serikat dari 1 Januari 2016 sampai 25 April 2017.

Dilansir dari laman xinhua, temuan dari wilayah AS ini konsisten dengan laporan CDC terbaru tentang infeksi virus Zika. Hal itu berkaitan dengan perjalanan dari 50 negara bagian AS dan District of Columbia yang menunjukkan lima persen kehamilan kemungkinan terinfeksi virus Zika sehingga mengakibatkan kemungkinan bayi cacat lahir terkait virus.

baca juga: Joe Biden Rilis Calon-calon Menteri, Banyak Mantan Pejabat Era Obama

"Laporan ini memperkuat panduan terdahulu yang mencegah infeksi virus Zika bagi setiap ibu hamil mengingat tingkat keparahan cacat lahirnya. Wanita hamil yang tinggal di daerah dengan transmisi virus Zika lokal terus berlanjut berisiko mengalami infeksi,"kata pernyataan CDC tersebut.

Penulis: Fitria Marlina