Ini Mekanisme Pengumuman SBMPTN

SBMPTN
SBMPTN (net)

JAKARTA, KLIKPOSITIF -- Penetapan hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN ) 2017 akan diumumkan har ini, Selasa, 13 Juni 2017 mulai pukul 14.00 WIB.

“Sebanyak 148.066 peserta atau sekitar 14,36 persen dari 797.738 pendaftar SBMPTN 2017 dinyatakan lulus sebagai calon mahasiswa baru di 85 PTN,” ujar Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohammad Nasir.

baca juga: Kalung Antivirus Corona Tak Cukup Bukti, Ahli: Kalau Buat Jualan Emang Laku

Untuk mengetahui peserta lulus atau tidak, berikut mekanisme pengumuman SBMPTN melalui internet yang dirilis ristekdikti

1.Peserta diminta memasukkan nomor peserta dan tanggal lahir
2.Jika peserta diterima akan ditampilkan Nomor peserta, nama peserta, nama PTN diterima, nama prodi diterima, ucapan “ selamat atas keberhasilan anda”
3.Jika peserta tidak diterima akan ditampilkan nomor peserta, tanggal lahir peserta dan ucapan “ Mohon maaf, peserta atas nama…, dengan nomor peserta…dinyatakan Tidak Diterima pada SBMPTN 2017 ″.

baca juga: Jawab Keraguan Eucalyptus Sebagai Antivirus, Kementan RI: Secara Ilmiah Bisa Dibuktikan

Peserta SBMPTN yang belum lulus diharapkan untuk tetap semangat, karena masih ada tahapan ketiga penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri yakni Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri sebagai jalan untuk menempuh pendidikan di PTN.

Selain itu, putra putri Indonesia juga bisa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi swasta (PTS) yang diakui oleh pemerintah. Agar calon mahasiswa dapat memilih dan masuk perguruan tinggi yang diakui legalitasnya, diharapkan terlebih dahulu untuk melihat status perguruan tinggi di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) forlap.ristekdikti.go.id. (*)

baca juga: Jokowi Harap Perguruan Tinggi Bisa Jalin Kerjasama dengan Industri

Penulis: Eko Fajri