Payakumbuh Siap Sukseskan Gowes Pesona Nusantara 2017

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -- Kota Payakumbuh menjadi salah satu etape Gowes Pesona Nusantara 2017 yang direncanakan akan dihelat pada 8 Juli 2017 mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Elfriza Zaharman mengatakan, Pesona Gowes Nusantara 2017 merupakan salah satu agenda Kementerian Pemuda dan Olahara RI yang bertujuan untuk menggelorakan, mengajak, menggerakkan, dan memotivasi masyarakat untuk melakukan gaya hidup sehat melalui aktivitas olahraga khususnya dengan bersepeda.

baca juga: Persiapan Untuk Arungi Liga 3, Gasliko Seleksi Seratusan Pemain

"Ini juga termasuk Nawacita ke-9 yaitu memperteguh kebhinekaan dan memperkuat restorasi sosial melalui kebijakan memperkuat pendidikan kebhinekaan dan menciptakan ruang-ruang dialog antarwarga," katanya pada KLIKPOSITIF .

"Kemudian juga menggerakkan masyarakat Nasional untuk menyongsong penyelenggaraan Paragames 2017 dan Asian Games 2018 sehingga dapat menggerekkan ekonomi kerakyatan, menumbuhkan efek multiplier dibidang ekonomi, wisata, seni, dan budaya," tambahnya.

baca juga: Dorong UMKM Bangun Brand Bersama, Menkop UKM Contohkan Produksi Rendang di Payakumbuh

Di Sumbar, menurutnya ada tiga kota yang terpilih untuk pelaksanaan Gowes Pesona Nusantara 2017 yaitu Sawahlunto, Bukittinggi, dan Payakumbuh . Untuk Payakumbuh , pihaknya telah menyiapkan segala sesuatunya mulai dari kepanitiaan hingga koordinasi dengan berbagai stakeholder salah satunya yaitu dinas pendidikan dan komunitas sepeda.

"Insya Allah kami tengah mempersiapkan semuanya termasuk kegiatan Gala Desa yang juga dilaksanakan bersamaan dengan Gowes Pesona Nusantara 2017. Kami insya allah menargetkan peserta sebanyak 3.000 orang dari berbagai kalangan terutama pelajar sebagai generasi muda dan komunitas sepeda yang ada di Kota Payakumbuh ," ujarnya.

baca juga: Kebaya Encim Karya Putra Luak Limopuluah, Megi Efriater Mentas di HUT DKI

Wanita yang akrab disapa Buk Cece ini berharap nantinya dapat menghadirkan Menpora saat start Gowes Pesona Nusantara 2017 di Payakumbuh .

Menurutnya pelaksanaan Etape Ngalau Indah tersebut nantinya akan menyuguhkan berbagai atraksi, pameran, dan promosi wisata unggulan yang ada di Payakumbuh baik itu wisata alam, wisata budaya, maupun wisata kuliner.

baca juga: Menpora: Peran Pemuda Penting untuk Bangkitkan Industri Olahraga

"Nantinya selain menikmati keindahan alam Payakumbuh , juga akan ada suguhan berbagai kesenian seperti alat musik Sikatuntuang, tari-tarian, atraksi olahraga terbang itik dan sepeda ekstrim BMX, dan festival kuliner yang akan memanjakan lidah peserta dan pengunjung Gowes Pesona Nusantara 2017 dan Gala Desa 2017 yang akan digelar di daerah yang ada dilima kecamatan yang ada di Payakumbuh ," ujarnya.

[Ade Suhendra]

Penulis: Rezka Delpiera