Indahnya Ramadan ala Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi

Bupati Tanah Datar IrdinansyahTarmizi saat sahur bersama Keluarga Ali Luis
Bupati Tanah Datar IrdinansyahTarmizi saat sahur bersama Keluarga Ali Luis (Istimewa)

TANAH DATAR,  KLIKPOSITIF -Ada sesuatu yang berbeda di Kabupaten Tanah Datar pada Ramadan 1438 Hijriah. Momen bulan penuh berkah ini dimanfaatkan Bupati Tanah Datar  Irdinansyah Tarmizi untuk berbaur bersama umat, bahkan fakir miskin. Berbagai kegiatan bernuansa islami dilaksanakan, mulai dari sahur bersama fakir miskin, memberi santunan kepada masyarakat, hingga Nuzulul Quran bersama hafiz cilik.

Seperti pada Jum'at 9 Juni 2017 lalu, Bupati Tanah Datar mendatangi rumah Eva, warga kurang mampu di Nagari Taluak, Kecamatan Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar pada saat masyarakat lainnya masih tertidur. Ternyata Bupati datang untuk sahur bersama keluarga miskin tersebut.

baca juga: Hari Ini, 22 Warga Tanah Datar Terkonfirmasi Positif COVID-19

Eva pun kaget dan haru diajak sahur bareng oleh Bupati. Eva adalah seorang ibu rumah tangga dengan tiga orang anak yang masih kecil-kecil. Dia kaget dan rasa tidak percaya, pasalnya di subuh Jum’at (09/06) jelang waktu sahur rumahnya yang sangat sederhana dan boleh dikatakan tidak layak untuk ditinggali, dikunjungi Bupati Irdinansyah Tarmizi.

Bupati yang datang subuh itu, langsung lihat kondisi Eva dan anak-anaknya. Raut sedih terlihat di wajah Bupati yang melihat rumah beratap seng bekas berdindingkan papan dan bambu seadanya itu. Di tengah rumah atau pondok, tidak ada kamar dan tempat tidur, apalagi perabotan lainnya. Yang tampak hanyalah adanya sebuah sumur, yang menyebabkan pondok itu terlihat semakin sempit.

baca juga: Simpan 8 Paket Sabu di Lemari, Seorang Pemuda Dibekuk Polres Tanah Datar

Eva memiliki anak paling tua, yang baru duduk di kelas III Sekolah Dasar, yang nomor dua akan memasuki usia sekolah sedangkan yang nomor tiga atau si bungsu baru berumur 3 tahun.

Dengan beralaskan tikar dan lantai tanah, sahur bareng keluarga Eva itu terlihat haru dan bahagia sesekali diiringi canda dan tawa sang Bupati, bahkan beberapa orang tetangga juga diajak ikut bersahur, serta turut juga camat dan Wali Nagari setempat.

baca juga: Hari Ini, 11 Warga Tanah Datar Terkonfirmasi Positif COVID-19, Meninggal 1 Orang

Melihat kondisi itu hidup Eva, Bupati Irdinansyah Tarmizi usai sahur memotivasi agar Eva sabar dan tawakal menjalankan hidup, di samping berusaha semaksimal mungkin. Ia berjanji akan lakukan bedah rumah, karena yang ditempati keluarga Eva saat ini memang tidak layak untuk ditinggali lagi.

Pada kesempatan itu, Bupati juga berikan bantuan beras dan uang untuk kebutuhan berlebaran yang tidak beberapa lama lagi.

baca juga: Kodim Tanah Datar Gelar Komunikasi Sosial, Dandim Harapkan Hal ini

Usai sahur di rumah Eva, Bupati salat Subuh berjamaah dan melihat kegiatan didikan subuh gabungan di tempat yang berbeda. Dengan mengendarai sepeda motor milik pribadi, ia melanjutkan perjalanan mengunjungi keluarga tidak mampu lain di nagari yang sama pada pagi hari itu.

Sebelumnya,pada Rabu 7 Juni 2017, Irdinansyah Tarmizi juga melaksanakan sahur bersama keluarga Ali Luis yang memiliki empat orang anak di Nagari Cubadak, Kecamatan Lima Kaum..

Dengan membawa bekal nasi dan lauk, Irdinansyah Tarmizi ajak Ali Luis dan keluarganya serta beberapa orang tetangga melaksanakan makan sahur bersama.

Kadang sesekali ia bercanda, Irdinansyah juga sesekali tertawa, terlihat sekali keakrabannya bersama keluarga Ali Luis tersebut.

Usai makan sahur bersama keluarga tersebut, Bupati Irdinansyah berikan bantuan beras dan uang. Setelah itu dilanjutkan salat subuh berjamaah di masjid.

Usai salat subuh berjamaah, paginya Irdinansyah didampingi Camat Lima Kaum Afrizal, Wali Nagari Cubadak mengunjungi warga yang kurang mampu, menanyakan persoalan ekonomi, kartu sehat, raskin, dokumen kependudukan dan persoalan lainnya.

Tidak hanya itu, Irdinansyah Tarmizi ternyata juga bawa sembako seperti beras dan amplop berisi uang yang diserahkannya langsung pada warga yang ia kunjungi di pagi itu. 

Nuzulul Quran

Selain itu, pada Ramadan 1438 Hijriah, Irdinansyah Tarmizi juga menghadirkan dua bocah cilik yang sudah hafizh Alquran yang merupakan santri Pondok Pesantren de Muttaqin Yogyakarta di bawah bimbingan Buya Ike Muttaqin putra asli Tanah Datar .

Kedua bocah itu, Kamil Ramadhan (9 tahun) yang menjadi juara 3 dan Ahmad Ghozali Akbar (8 tahun) juara 1 pada lomba Tahfiz yang dilaksanakan salah satu stasiun televisi swasta nasional disambut Irdinansyah Tarmizi bersama staf ahli, asisten dan segenap kepala OPD beserta ratusan jamaah di Masjid Raya Lantai Batu, Selasa 13 Juni 2017.

Kamil Ramadhan, yang almarhum ayahnya berasal dari Payakumbuh ini, bersama Ahmad Ghozali Akbar secara bergantian menjawab beberapa tantangan dari jamaah, seperti melanjutkan bacaan Alquran yang dilantunkan jamaah dengan menyertakan nama surat dan urutan juz, nomor surat, ayat ke dan berapa baris dalam halaman Alquran. Hal itu mereka lakukan tanpa melihat Alquran.

Tidak itu saja, Kamil dan Ahmad mampu melafazkan Alquran dengan urutan terbalik sesuai tantangan beberapa jamaah. Hal ini membuat jamaah terkesima dan takjub begitu pula Irdinansyah Tarmizi yang hadir malam itu.

Buya Ike Muttaqin yang hadir di kesempatan itu menyampaikan, Kamil dan Ahmad merupakan anak yatim yang menjadi santri di pondok pesantren yang dipimpinnya. Kamil sudah 20 bulan ada di pondok pesantren de Muttaqin, ia awalnya hanya memiliki keterampilan bisa baca Alquran, namun dalam waktu 6,5 bulan kemudian, ia bisa hafizh Alquran.

“Sementara Ahmad baru 10 bulan baru bergabung, namun saat bergabung ia sudah hafizh 9 juz, setelah dites hanya 1 juz yang benar dan 8 bulan kemudian Ahmad baru bisa hafizh Alquran lagi,” terang buya Ike.

Sementara itu, Irdinansyah menyampaikan ketakjuban atas kelebihan dan karunia yang dimiliki Kamil dan Ahmad. “Semoga kedatangan hafizh cilik ini dapat menjadi motivasi dan semangat bagi generasi muda Tanah Datar , sehingga ke depan akan lahir Kamil dan Ahmad lainnya di Luhak Nan Tuo ini,” ujarnya.

[Hijrah Adi Sukrial]

Penulis: Webtorial