Ngabuburit dengan Hal Positif, Ini Yang Dilakukan Anak Muda di Dharmasraya

Taman Baca yang Dibuka Oleh FP3D
Taman Baca yang Dibuka Oleh FP3D (Cecep/klikpositif)

DHARMASRAYA , KLIKPOSITIF --Sekelompok anak muda di pusat Kabupaten Dharmasraya ini menjadikan ajang ngabuburit menjadi lebih positif dan bermanfaat.

Anak muda yang tergabung dalam Forum Pemuda Pemudi Peduli Dharmasraya (FP3D), membuka taman baca . Taman baca yang dibuka secara gratis ini digelar di halaman Kantor Bupati Dharmasraya , Kecamatan Pulau Punjung.

baca juga: Ribuan Pelaku UMKM di Dharmasraya Terima Bantuan Program Banpres Produktif Usaha Mikro

"Sambil ngabuburit , sambil membaca," ungkap salah seorang penggagas kegiatan, Rifdal Fadli kepada KLIKPOSITIF , Senin 5 Juni 2017.

Tujuan katanya memang untuk merangkul para anak muda yang menjadikan ajang ngabuburit ke arah yang lebih baik. "Dari pada gelar aksi balap liar, kan lebih baik membaca," ujar lulusan UBH ini.

baca juga: Kunker ke Dharmasraya, BKKBN Sumbar Dorong Pelaksanaan Program Bangga Kencana

Katanya, buku diperoleh secara sosial dari para anggota FP3D. "Semua jenis buku, ada sejarah Islam, tafsir, novel, dan lainnya. Saat ini ada puluhan buku," sebut sekretaris FP3D ini.

Taman baca yang baru empat hari dibuka ini, katanya cukup mendapatkan animo dari anak muda. Setidaknya ada puluhan anak muda yang sudah menjadi langganan ngabuburit membaca.

baca juga: Penuhi Janji Kampanye, Pasangan SR-Labuan Mendapat Dukungan Warga Timpeh

"Di buka setelah Shalat Ashar. Mudah mudahan bisa jalan hingga lebaran. Kegiatan kita tidak dipungut biaya. Murni sosial," ungkapnya.

Hendri, seorang penikmat menyaluti ide ngabuburit membaca ini. Baginya, menunggu berbuka puasa memang sangat tepat jika melakukan hal yang lebih bermanfaat.

baca juga: Didukung Kaum Perempuan, Istri Sutan Riska dan Istri Dasril Panin Hadiri 5 Pertemuan Hari Ini

"Pengetahuan jadi bertambah. Puasa jadi tidak terasa. Baca dua atau tiga buku, eh sudah hampir beduk," ucapnya.

Pantauan KLIKPOSITIF , meski sebagaian buku tampak usang, namun lapak taman ngabuburit membaca cukup dilengkapi banyak jenis buku. Para anak muda tampak asik membaca meski hanya beralaskan tikar seadanya.

[Cecep]

Penulis: Rezka Delpiera