SatpolPP Bongkar Pabrik Tuak di Limapuluh Kota

Ilustrasi
Ilustrasi (Istimewa)

LIMAPULUHKOTA, KLIKPOSITIF -- Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Limapuluh Kota , Jumat siang, 16 Juni 2017 membongkar pabrik produksi tuak di beberapa tempat di Kecamatan Harau.

Pembongkaran tersebut merupakan bagian dari operasi Pekat selama ramadan. Dalam operasi tersebut SatpolPP di bantu oleh Polres Kabupaten Limapuluh Kota .

baca juga: Mendagri Terbitkan SE: Penertiban PPKM Dilarang Gunakan Kekerasan yang Berpotensi Pelanggaran Hukum

Kasatpol PP Limapuluh Kota , Nasryanto mengatakan, operasi tersebut dilakukan di empat titik lokasi warung serta pabrik pembuatan minuman beralkohol tradisional tersebut

"Ada 4 buah warung dan pabrik kami geledah, selain tuak, kami juga menemukan beberapa orang tengah asik menikmati tuak di siang hari," katanya pada KLIKPOSITIF .

baca juga: Jokowi: Aparat Jangan Kasar, Tapi Tegas dan Santun

Keempat warung tuak tersebut terdapat di Nagari Lubuak Batingkok, Batu Balangan, dan di Purwajaya. Saat penggeledahan di Purwajaya petugas menemukan 21 jerigen berisi tuak di sebuah warung milik warga.

Selain jerigen, polisi juga menemukan empat ikat kayu raru atau kayu fermentasi tuak dan empat drum tuak. Setelah di timbang, berat keseluruhan tuak tersebut mencapai 1 Ton lebih.

baca juga: Ratusan Personel Satpol PP Padang di Tes Urine

"Seluruh barang bukti tersebut kita amankan ke kantor satpol PP dan kepada pemilik tuak tersebut kita berikan surat teguran dan akan menjalani sidang tipiring di pengadilan negeri kabupaten limapuluh kota ," sebut Nasryanto.

Nasryanto menegaskan, ia dan satpol PP kabupaten Limapuluh Kota tidak akan membiarkan bulan suci Ramadhan dirusak oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

baca juga: Dicap Tukang Acak Dagangan, Audy Joinaldy Minta Satpol PP Sumbar Lebih Humanis Saat Bertugas

[Arya Irfanus]

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa