BPPOM Sumbar Tak Temukan Mie Korea Terindikasi Minyak Babi di Padang

Kepala BPPOM Sumbar, Zulkifli memperlihatkan mie Korea yang tidak terindikasi minyak babi.
Kepala BPPOM Sumbar, Zulkifli memperlihatkan mie Korea yang tidak terindikasi minyak babi. (KLIKPOSITIF/Halbert Caniago)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Sumbar tidak menemukan empat merk mie asal Korea yang diduga mengandung minyak babi dalam operasi yang digelar Minggu 18 Juni 2017 di 10 supermarket dan pusat perbelanjaan di Kota Padang .

"Kami telah melakukan sidak ke 10 pusat perbelanjaan di Kota Padang dan tidak kami temukan mie tersebut," ujar Kepala BBPOM Sumbar , Zulkifli.

baca juga: Mau Ngopi dengan Tampilan Berbeda? Yuk ke Kedai Kopi Oppa Mahmud

Empat merk mie yang diduga mengandung minyak babi tersebut yakni, mie Samyang merek U-Dong, mie Samyang rasa Kimchi, mie Nongsim merk Shin Ramyun Black dan mie otogi rasa Yeul Ramen. Menurutnya, saat sidak keempat mie tersebut tidak ditemukan, tapi ada mie Korea lain yang tidak masuk daftar tersebut.

"Kami menemukan beberapa mie seperti Samyang yang sudah didaftarkan dan tidak mengandung minyak babi. Hanya sama saja negara produksinya," lanjutnya.

baca juga: Dinas Pertanian Padang Prediksi Penurunan Angka Hewan Kurban Tahun Ini Capai 30 Persen

Menurutnya, empat mie tersebut merupakan edaran dari distributor Koin Bumi yang telah beredar di Indonesia. "Kemungkinan mie tersebut telah ditarik kembali oleh distributor yang bersangkutan, makanya tidak ditemukan lagi," sambungnya.

Sementara itu, pihaknya akan terus melakukan pengawasan terhadap mie yang diduga mengandung minyak babi tersebut di seluruh Kabupaten/Kota di Sumatera Barat. "Besok kami akan kembali melakukan sidak , tetapi di Kabupaten/Kota lainnya di Sumatera Barat ini," tutupnya.

baca juga: Pemko Padang Akan Bentuk Tim Pemeriksaan Hewan Kurban

[Halbert Caniago]

Penulis: Agusmanto