Korban Luka Bakar Ingin Pulang Paksa, Bupati Datang Membujuk Keluarga

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi didampingi Ketua IKLB Padang Indra Jaya membezuk Aura di RSUP M Djamil Padang.
Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi didampingi Ketua IKLB Padang Indra Jaya membezuk Aura di RSUP M Djamil Padang. (Hijrah Adi Sukrial)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Tak tega melihat penderitaan anaknya Aura yang mengalami luka bakar, Yulnawilis warga Kotopanjang, Nagari Tigojangko, Lintau Buo ingin membawa anaknya keluar dari rumah sakit. Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi datang dan membujuknya agar mengikuti perawatan sesuai anjuran dokter.

Sekadar diketahui, Aura mengalami luka bakar karena ledakan lampu minyak (semprong) pada Sabtu 17 Juni 2017 lalu. Ketika itu ibunya sedang mengisi minyak ke lampu semprong, tiba-tiba lampunya meledak dan menyebabkan Aura serta Amrizal terbakar.

baca juga: Hari ini 15 Warga Tanah Datar Positif COVID-19, Bupati: Jangan Sombong Hadapi Corona

Akibat peristiwa ini, Amrizal yang sempat dirawat di RSUP M Djamil Padang meninggal dunia pada Selasa 20 Juni 2017. Sedangkan Aura masih menjalani perawatan dengan luka bakar 30 persen di bagian wajah dan tangan.

Yulnawilis beralasan ingin membawa anaknya pulang karena tak tahan melihat penderitaan anaknya dan tak tega jika harus disayat-sayat seperti yang sering dilakukan pada pasien korban luka bakar.

baca juga: Cek Pos Pelayanan Operasi Ketupat, Kapolres Terus Ingatkan Prokes

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi yang didampingi Ketua Ikatan Keluarga Lintau Buo (IKLB) Kota Padang Indra Jaya memberi semangat pada Yulnawilis. “Dokter pasti akan memberikan penanganan terbaik. Kita harus sabar, jangan diikuti perasaan,” ujar Irdinansyah kepada Yulnawilis.

Pembina IKLB Padang itu juga meminta Yulnawilis untuk percaya kepada seluruh tindakan yang dilakukan dokter kepada anaknya. Karena dokter tidak mungkin akan melakukan tindakan yang merugikan pasien, namun tindakan dilakukan untuk kebaikan Aura.

baca juga: Tambah 5 Warga Tanah Datar Positif COVID-19, Bupati Sebut Kasus Naik Akibat Abai Prokes

Ada yang unik dari kunjungan Bupati Tanah Datar ke ruang rawat Aura. Yulnawilis dan adiknya Yogi tak mengetahui bahwa yang datang adalah bupati. Awalnya mereka mengira yang datang adalah dokter.

Namun, setelah mereka tahu yang datang adalah bupati, mata Yurnawilis berkaca-kaca. “Saya hanya tahu nama bapak, dan baru bisa bertemu langsung kali ini. Terimakasih sudah datang dan membezuk kami pak,” ujarnya kepada Bupati.

baca juga: Peduli Warga Kurang Mampu, Emersia Grup Bagikan 3.200 Paket Sembako

Setelah meyakinkan Yulnawilis agar Aura tetap dirawat secara medis, Irdinansyah kemudian pamit dan memberikan bantuan bagi keluarga Yulnawilis berupa uang tunai. “Semoga ini bisa membantu meringankan keluarga yang menjaga. Ini bisa dipakai untuk membeli kebutuhan makanan dan transportasi keluarga. Karena untuk pengobatan sudah ditanggung BPJS,” jelas Irdinansyah. (*)

Penulis: Hijrah Adi Sukrial