Ini Tips Mudik Versi Kapolda Sumbar

Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal dan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno saat mengecek personel pengamanan arus Mudik 2017.
Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal dan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno saat mengecek personel pengamanan arus Mudik 2017. (istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Memasuki Lebaran , tradisi mudik memang kerap dilakukan oleh masyarakat di Indonesia. Meskipun menghabiskan waktu di perjalanan, momen ini menjadi budaya sekali setahun. Tapi, saat melakukan mudik harus ada kewaspadaan dari para pemudik agar aman di jalan.

Kapolda Sumbar , Irjen Pol Fakhrizal pun memiliki beberapa tips agar masyarakat nyaman serta tidak merasa rugi dan aman saat melakukan perjalanan mudik pada Lebaran kali ini. Hal pertama yang harus diperhatikan oleh masyarakat adalah peralatan elektronik yang masih hidup agar dimatikan.

baca juga: Identik dengan Busana Branded, Gamis Nagita Slavina Bibanderol dengan Harga Terjangkau Cocok Untuk Lebaran

"Peralatan elektronik yang masih terhubung dengan listrik harus diputus, karena gangguan listrik tidak bisa diprediksi dan menyebabkan kebakaran," ujarnya.

Hal kedua yakni menutup semua ruangan dan mengunci pagar rumah (jika ada) dengan serapat-rapatnya. Kemudian, hal ketiga memberitahu kepada kepala lingkungan setempat dan menitipkan keamanan rumah kepadanya.

baca juga: Sambut Lebaran, Ingat Makan Berlebihan Bisa Picu 6 Masalah Kesehatan Ini

"Kalau sudah dititipkan kepada kepala lingkungan setempat kan bisa dijaga melalui Poskamling," lanjutnya.

Tidak hanya itu, dalam perjalanan mudik masyarakat juga harus memperhatikan beberapa hal untuk keselamatan agar tiba dengan selamat di kampung halaman. "Sebelum berangkat, harus cek dulu kelengkapan surat-surat kendaraan karena jika ada pemeriksaan dari kepolisian tidak bermasalah," lanjutnya.

baca juga: Jelang Lebaran, Wisma Atlet Rawat 1.247 Pasien Covid-19

Hal kedua yang harus diperhatikan adalah mengecek kelengkapan kendaraan seperti ban, safety belt, kaca spion dan kondisi mesin yang bagus. "Kalau perlu, sebelum berangkat mudik masyarakat harus melakukan service kendaraannya terlebih dahulu," sambungnya.

Menurutnya, tidak hanya kendaraan, kondisi fisik pemudik juga harus prima dan tidak dalam keadaan sakit. "Kondisi fisik harus sehat, kalau kelelahan dalam perjalanan jangan dipaksakan. Kami telah menyediakan Pos Pelayanan untuk masyarakat agar bisa beristirahat sejenak," lanjutnya.

baca juga: Ini Tips Lebaran Tetap Aman Ditengah Pandemi dari WHO

[Halbert Caniago]

Penulis: Agusmanto