Hingga H-4, Belum Ada Lonjakan Penumpang di Bandara Internasional Minangkabau

Belum Ada Lonjakan Penumpang Hingga H-4 Lebaran di Bandara Internasional Minangkabau
Belum Ada Lonjakan Penumpang Hingga H-4 Lebaran di Bandara Internasional Minangkabau (KLIKPOSITIF/Ocky Anugrah Mahesa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pengelola Bandara Internasional Minangkabau , Angkasa Pura II belum mencatat adanya lonjakan arus mudik pada H-4, Rabu 21 Juni 2017. Hal itu diungkapkan berdasarkan persentase kedatangan dan keberangkatan penumpang di bandara tersebut.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Angkasa Pura II, hingga H-5 kemarin jumlah penumpang yang datang ke Sumbar melalui bandara mencapai 6.784 atau lebih rendah 7 persen dari H-5 lebaran tahun sebelumnya yang mencapai 7.317 penumpang.

baca juga: Kembali Dari Kampung, Warga Diimbau Lakukan Tes Swab

Selain jumlah penumpang, aktifitas penerbangan juga masih belum tinggi. Human Capital and General Affairs (HCGA) Angkasa Pura II, Fendrick Sondra mengatakan, untuk tahun ini jumlah penerbangan yang masuk ke Sumbar pada H-5 tersebut hanya 40 penerbangan.

"Sedangkan untuk tahun lalu, pada H-5 lebarannya jumlahnya mencapai 43 penerbangan, atau menurun 7 persen dari jumlah penerbangan tahun lalu," katanya pada KLIKPOSITIF .

baca juga: Pencarian Hari Ketiga, Satu Pemudik yang Tenggelam Ditemukan Meninggal Dunia

Selain itu ia juga mencatat, untuk lebaran tahun ini, persentase keberangkatan di bandara itu juga belum menunjukan peningkatan. Dari data Angkasa Pura II, jumlah penumpang yang melakukan aktifitas keberangkatan dari bandara minang mencapai 4.421 penumpang.

"Angka tersebut juga masih lebih rendah 3 persen dari H-5 lebaran tahun sebelumnya yang mencapai 4.554 penumpang dari 42 penerbangan. Sedangkan tahun ini hanya 38 penerbangan atau 10 persen lebih rendah dari tahun sebelumnya," jelas Fendrick.

baca juga: 2 Kali Lebaran Tidak Mudik, dr Tirta: Syukurilah yang Masih Bisa Sungkem ke Bapak Ibu

Terkait dengan itu menurut Fendrick, lonjakan penumpang diprediksi bakal terjadi pada H-3, Kamis 22 Juni 2017.

"Kemungkinan akan ada lonjakan penumpang pada H-3 karena sebagian pemudik sudah ada yang libur cuti lebaran dan puncaknya itu pada H-2 hari Jumat nanti, untuk H-4 ini persentase kedatangan diprediksi belum begitu tinggi," pungkasnya kemudian.(*)

baca juga: TKA Masuk RI, Ketua DPR: Pemerintah Harus Peka

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa