Awas, Ada Jalan Terban di Malalak

Kondisi jalan yang rusak di Malalak
Kondisi jalan yang rusak di Malalak (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

AGAM , KLIKPOSITIF -- Ruas Jalan alternatif Padang-Bukittinggi via Sicincin- Malalak -Balingka tepatnya di Jorong Siniaie, Nagari Malalak Selatan, Kecamatan Malalak , Agam -Sumbar yang mengalami terban pada tanggal 3 Mei 2017 silam, masih mengancam keselamatan pemudik yang melintasi daerah tersebut.

Pasalnya, sejak amblas dan terban, hingga sekarang jalan itu belum seutuhnya diperbaiki sehingga ditakutkan bisa membahayakan pengendara.

baca juga: BKSDA Evakuasi Seekor Trenggiling di Gaduik Agam

Pantauan KLIKPOSITIF , pada Kamis 22 Juni 2017, setengah badan jalan tampak terban hingga menyisakan setengah badan jalan. Akibatnya, kendaraan roda empat tak bisa berpapasan dengan yang lain saat melintas jalan tersebut.

‘’Panjang jalan yang amblas itu ada sekitar 30-40 meter,’’ sebut salah seorang warga setempat Basir Arif.

baca juga: Polda: Kasus Ujaran Kebencian Terhadap Mulyadi Sudah P-21

Basir mengungkapkan, jalan itu rusak akibat diterpa hujan dengan curah yang tinggi.

Sementara Camat Malalak Harmexi mengatakan, kendati sudah ada marka jalan yang mengisyarakatkan jika jalan di depannya amblas, ia tetap mengingatkan setiap pengendara untuk hati-hati.

baca juga: Bertambah Lagi, Total Kasus COVID-19 di Agam Menjadi 39

“Jelas, setiap pengendara harus hati-hati dan waspada lewat jalur ini," ingatnya.

Sebelumnya, BPBD Agam sudah mengeluarkan imbauan jika sepanjang jalan Malalak Agam adalah wilayah rawan longsor sehingga pengendara harus ekstra waspada terutama saat hujan.

baca juga: Hewan Ternak Warga Mati Tiba-tiba di Agam, Diduga Beruang Masuk Kampung

Hingga H-3 jelang Lebaran, Jalur Simaka masih sepi. Namun, diperkirakan jalan tersebut akan ramai dilewati pemudik pada Jumat 23 Juni 2017 ini hingga Sabtu besok.

[Hatta Rizal]

Penulis: Iwan R