Keluarga TNI Mudik Gratis dengan Hercules

Mudik dengan Hercules
Mudik dengan Hercules (KLIKPOSITIF/Halber)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Puluhan keluarga Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) mudik dengan menggunakan pesawat Hercules, Kamis 22 Juni 2017.

Salah seorang pemudik, Jusnidar (48) mengatakan bahwa ia berangkat dari Jakarta menuju Padang dengan menggunakan pesawat Hercules A1319.

baca juga: Kembali Dari Kampung, Warga Diimbau Lakukan Tes Swab

"Saya dari Jakarta dan pulang kampung ke daerah Solok, anak saya seorang anggota TNI AU makanya saya bisa mudik dengan pesawat ini," ujarnya.

Pesawat yang landing pukul 16.00 WIB di Landasan Udara TNI AU Sutan Sjahrir itu membawa keluarga besar TNI keseluruhan. "Tadi tidak ada yang orang umum, semuanya keluarga TNI," sambungnya.

baca juga: Libur Lebaran, Puskesmas di Padang Sepi

Ia mengatakan bahwa dirinya merasa senang bisa mudik gratis dengan sarana yang disiapkan oleh TNI. "Ya dari pada beli tiket mahal-mahal kan kalau bisa pakai ini alhamdulillah," lanjutnya.

Tidak hanya kedatangan, keberangkatan dari Padang juga dilakukan dengan pesawat yang memiliki daya angkut sebanyak 128 orang tersebut.

baca juga: Pencarian Hari Ketiga, Satu Pemudik yang Tenggelam Ditemukan Meninggal Dunia

"Ada yang datang ke sini dan ada yang berangkat lagi untuk penerbangan mudik kali ini," ujar Komandan Angkatan Udara Padang, Kolonel Eko Sudjatmoko.

Ia mengatakan bahwa untuk keberangkatan tersebut tidak dipungut biaya oleh pihak TNI kepada penumpang. "Ini kan keluarga kami semua, jadi keberangkatan ini semuanya gratis," lanjutnya.

baca juga: Cerita Pengamat Gunungapi yang Tetap Bertugas disaat Lebaran: Kangen, Suasana Takbir yang Bikin Meriah

Ia berharap agar kebijakan TNI dalam membantu keluarga besar TNI bisa bermanfaat bagi semuanya. "Kalau dari keluarga TNI sudah naik pesawat ini kan tiket yang biasanya mereka pakai bisa diginakan oleh masyarakat lainnya," sambungnya. [Halbert Caniago]

Penulis: Eko Fajri