Arsitek Korea Klaim NY's One World Trade Center Curi Rancangannya

Seorang arsitek kelahiran Korea menggugat sebuah firma arsitektur besar mengenai disain Manhattan One World Trade Center
Seorang arsitek kelahiran Korea menggugat sebuah firma arsitektur besar mengenai disain Manhattan One World Trade Center (REUTERS / Mike Segar)

KLIKPOSITIF - Seorang arsitek kelahiran Korea menggugat sebuah firma arsitektur besar mengenai disain Manhattan One World Trade Center. Ia mengklaim bahwa bangunan itu memiliki kesamaan yang mencolok dengan menara yang dirancangnya pada tahun 1999 saat berada di sekolah pascasarjana.

Jeehoon Park menuduh Skidmore, Owings & Merrill dengan salah mengklaim kredit desain untuk One World Trade Centre 104 lantai, yang tingginya 1.776 kaki (541 m) termasuk puncak menara yang membuatnya menjadi bangunan tertinggi di Belahan Barat.

baca juga: Lahir dari Embrio, Molly Jadi Bayi Tertua di Dunia

Presiden Qube Architecture LLC di Suwanee, Georgia, dalam tuntutan hukum tersebut Park mengajukan tuntutan ke pengadilan federal di Manhattan. Park merupakan seorang warga negara AS yang dinaturalisasi. Dia mendaftarkan Cityfront '99 dengan Kantor Hak Cipta AS pada tanggal 9 Mei.

Dia menuntut ganti rugi yang tidak ditentukan, termasuk dengan dugaan kerusakan pada praktik arsitekturalnya, ditambah penghargaan untuk desain yang dia buat dalam mengilhami One World Trade Center.

baca juga: Tim Inovasi Semen Padang Raih 3 Platinum di Ajang ICQCC Bangladesh

Dilansir dari laman reuters, terdakwa lainnya termasuk entitas yang dikendalikan oleh Otoritas Pelabuhan New York dan New Jersey, yang mengembangkan properti tersebut serta kontraktor Tishman Construction Co.

Sementara itu, Skidmore belum menanggapi menanggapi gugatan itu, dan juru bicara Otoritas Pelabuhan dan Tishman menolak berkomentar soal hal itu.

baca juga: WMO: 2020 Jadi Tahun Terpanas Kedua dalam Sejarah

Park, yang menerima gelar teknik di Seoul, mengatakan bahwa dia menciptakan Cityfront '99 saat mendapatkan gelar masternya di bidang arsitektur dari Illinois Institute of Technology. Dia mengatakan Skidmore memiliki akses ke desain melalui rekan-rekan penasihat tesisnya.

Park juga mengatakan Cityfront '99 muncul dalam sebuah adegan dari film "The Lake House" tahun 2006, yang dibintangi Keanu Reeves dan Sandra Bullock, yang difilmkan di lobi gedung Chicago. "Dia hanya ingin diperlakukan secara adil," kata Dan Kent, seorang pengacara Park.

baca juga: Tiga Mantan Presiden AS Ini Bersedia Disorot TV Saat Suntik Vaksin Covid-19

Penulis: Fitria Marlina