Regulasi Cabor Sepakbola Sea Games 2017, Malaysia Boleh Pilih Grup Sendiri

Sea Games 2017 Kuala Lumpur
Sea Games 2017 Kuala Lumpur (Net)

KLIKPOSITIF -- Regulasi cabor sepak bola yang disusun Komite Pelaksana SEA Games 2017 Malaysia (Masoc) dinilai menguntungkan tuan rumah. Hal itu karena timnas U-22 Malaysia diberi hak memilih sendiri mau masuk di grup mana dalam tata cara pengundian.

Ditambah lagi Malaysia tidak akan masuk dalam grup yang berisi 6 tim. SEA Games 2017 diikuti 11 yang konsekuensinya 1 grup berisi 5 tim dan 1 grup lainnya diikuti 6 tim.

baca juga: TC Timnas Tergantung Pemerintah Terkait PPKM Level 4

Kontan regulasi itu memicu banyak protes dari negara peserta. Pasalnya Malaysia benar-benar diuntungkan dengan regulasi itu. Tim peserta kemudian mendesak AFF sebagai sub-konfederasi sepak bola di Asia Tenggara untuk melakukan intervensi.

Tapi seperti dikatakan Sekjen AFF Datuk Ahmad Azzudin, pihaknya tidak bisa berbuat banyak. Hal itu karena regulasi pertandingan menjadi hak dari Masoc.

baca juga: 2 Wasit Indonesia Dipercaya Pimpin Pertandingan AFC Cup 2021

Pastinya pada 1 Juli 2017 akan berlangsung pertemuan AFF di Vietnam, salah satunya membahas soal polemik prosedur undian. Kemudian pada 8 Juli 2017 diselenggarakan undian pembagian grup di Kuala Lumpur.

Regulasi Undian Pembagian Grup Sepak Bola SEA Games 2017

baca juga: Ancam Mafia Bola, Ketum PSSI : Jangan Macam-macam Sekarang

(i) Peraih medali emas (Thailand) dan medali perak (Myanmar) di SEA Games 2015 sepak bola putra, otomatis menempati posisi unggulan di Grup A dan Grup B.

(ii) Sebagai tuan rumah SEA Games 2017 Kuala Lumpur, Malaysia punya hak menentukan masuk grup mana, setelah tahap ketiga proses pengundian.

baca juga: Piala AFC Wanita U-20 dan U-17 Edisi 2022 Dibatalkan, Indonesia Jadi Tauan Rumah Tahun 2024

(iii) Kecuali tim unggulan dan tuan rumah, semua tim menjalani prosedur pengundian pembagian grup dengan mekanisme sebagai berikut:

Tahap 1
Tidak ada undian dalam tahap ini, Thailand masuk Grup A dan Myanmar masuk Grup B.

Tahap 2
Semua tim (kecuali Malaysia) akan ditaruh dalam pot undian. Enam tim pertama yang diambil menempati posisi grup A2, B2, A3, B3, A4, dan B4.

Tahap 3
Setelah tahap kedua selesai, Malaysia dipersilakan memilih masuk grup mana untuk mengambil posisi A5 atau B5.

Tahap 4
Setelah tahap ketiga, berdasarkan grup yang dipilih Malaysia, maka sisa dua tim ditempatkan di grup yang berbeda dari Malaysia.

Skenario 1
Jika Malaysia memilih A5, maka dua tim yang belum diundi ditempatkan sebagai B5 dan B6.

Skenario 2
Jika Malaysia memilih B5, maka dua tim yang belum diundi ditempatkan sebagai A5 dan A6

Sumber: Topskor

Penulis: Rezka Delpiera