162 Tindak Kriminal Terjadi di Kota Padang Selama Lebaran

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

PADANG , KLIKPOSITIF - Sebanyak 162 kasus kriminalitas terjadi di Kota Padang selama lebaran 1438 Hijriah. 86 kasus diantaranya merupakan kasus pencurian.

Sejumlah kasus pencurian tersebut adalah 36 kasus pencurian dengan pemberatan, 33 kasus pencurian kendaraan bermotor, 14 kasus pencurian dengan kekerasan dan 28 kasus pencurian biasa.

baca juga: Seorang Wartawan dan Satu Rekannya Dikeroyok OTK di Kota Padang

"Seluruh laporan pencurian tersebut terhitung sejak H-7  Lebaran hingga saat ini," ujar Kabag Ops Polresta Padang , Kompol Ediwarman, Sabtu 1 Juli 2017.

Ia mengatakan bahwa kebanyakan kasus pencurian tersebut terjadi saat pemilik atau pelapor meninggalkan rumahnya untuk mudik.

baca juga: IDI Ingatkan Dokter Harus Siap Hadapi Lonjakan Kasus Covid-19 Usai Nataru

"Kebanyakan kasus pencurian tersebut terjadi saat rumah pelapor kosong dan juga kendaraan yang diparkir di lokasi rumahnya," lanjutnya.

Selain itu, beberapa kasus kriminalitas lainnya juga terjadi di Kota Padang . "Kasus kriminal lain seperti penggelapan, penipuan hingga perkosaan juga terjadi selama Lebaran ini," sambungnya.

baca juga: Pemerintah Terbitkan Aturan PPKM Level 3 Se-Indonesia Saat Nataru, Ini Isinya

Untuk kasus penggelapan terjadi sebanyak enam kasus, penipuan sebanyak dua kasus, perusakan sebanyak satu kasus, penganiayaan 26 kasus, pemerasan satu kasus, melarikan anak satu kasus, perkosaan satu kasus, pencabulan tiga kasus, Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dua kasus dan perbuatan tidak menyenangkan satu kasus.

Oleh karena itu, ia menghimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap apapun tindak kriminalitas yang terjadi selama ini, agar tidak terjadi hal yang sama.

baca juga: Pertama di Indonesia, Radio Classy FM Padang 'Siaran Langsung' dari Gerbong Kereta yang Sedang Berjalan

"Kami mengimbau masyarakat agar lebih waspada lagi kedepannya, karena tindakan kriminal bisa saja terjadi kapan pun dan dimanapun," imbaunya.

[Halbert Caniago]

Penulis: Khadijah