Selama Lebaran, Jumlah Penumpang di BIM Meningkat 7 Persen

Antrian Penumpang di Bandara Internasional Minangkabau
Antrian Penumpang di Bandara Internasional Minangkabau (Angkasa Pura II)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Angkasa Pura II mencatat pertumbuhan penumpang di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) selama musim mudik dan balik lebaran 2017 meningkat 7,43 persen dari musim lebaran tahun 2016 lalu.

Berdasarkan data, dari H-10 hingga H+7 lebaran 2017 , jumlah penumpang di bandara Sumatera Barat tersebut mencapai 233.656 dari 1.521 penerbangan.

baca juga: Posko Tes PCR Swap di BIM Ditiadakan, Penumpang Wajib Bawa Bukti PCR Swab

Sedangkan pada musim lebaran 2016 lalu, jumlah penumpang hanya 217.492 dari 1.512 penerbangan. Dari data tersebut juga bisa dipersentasekan bahwa pada lebaran 2017 , jumlah penerbangan di BIM juga meningkat 0,60 persen.

Humas Angkasa Pura II Bandara Internasional Minangkabau , Fendrick Sondra mengatakan peningkatan jumlah tersebut seiring dengan musim libur sekolah.

baca juga: BIM Berlakukan Layanan Non Tunai, Ini Kartu Atau Aplikasi yang Bisa Digunakan Untuk Masuk Bandara

"Peningkatan penumpang pada musim mudik tergambar pada jumlah penumpang pada H-2 dan H+6 dan H+7 lalu," katanya.

Kendati demikian, aktivitas penerbangan di bandara masih akan tinggi pada tangga 8 dan 9 Juli mendartang. Pasalnya, masih banyak penumpang yang mudik di musim balik lebaran.

baca juga: Ini Kesiapan Bandara Internasional Minangkabau AP II Dukung Peniadaan Mudik 6 - 17 Mei 2021

"Banyak memang perantau yang mudik di musim balik, dan akan balik pada sepekan kemudian. Prediksi kami jumlah penumpang masih tinggi hingga tanggal 9 nanti," jelas dia kemudian.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa