ASITA : Seluruh Hotel di Sumbar Penuh Saat Lebaran

Kepadatan arus lalu lintas di kawasan Batagak Jalan Raya Padang-Bukittinggi pada Selasa, 27 Juni 2017
Kepadatan arus lalu lintas di kawasan Batagak Jalan Raya Padang-Bukittinggi pada Selasa, 27 Juni 2017 (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Ketua Asosiation of The Indonesian Tors and Travel Agency ( ASITA ) Sumatera Barat, Ian Hanafiah, mengklaim seluruh hotel di Sumatera Barat penuh saat libur Lebaran 2017.

"Untuk saat bulan Ramadan saja seluruh hotel baik di Kota Padang maupun di Bukittinggi memiliki income 40 hingga 60 persen. Untuk lebaran, seluruh hotel penuh," ujarnya, Jumat 7 Juli 2017.

baca juga: Dinas Pariwisata: Hunian Hotel di Padang Masih Minim

Ia menuturkan, peningkatan tersebut terjadi karena banyaknya perantau yang pulang kampung dan menginap di hotel . "Menurut salah satu penelitian yang saya baca, pada lebaran lalu uang beredar di Sumbar mencapai 700 miliar saat lebaran lalu," lanjutnya.

Ia mengatakan, hal itu juga terjadi karena libur lebaran yang juga bertepatan dengan liburan sekolah sehingga pengunjung di Sumatera Barat menjadi meningkat.

baca juga: Jamin Keamanan Bagi Tamu, Whiz Prime Hotel Terapkan Protokol Kesehatan di Seluruh Area Hotel

"Dari informasi teman-teman di lapangan, peningkatan pengunjung pada lebaran kali ini memang sangat tinggi," sambungnya.

Ia menilai, penuhnya hotel dan banyaknya pengunjung objek wisata di Sumbar merupakan usaha dari seluruh pengusaha di Sumbar yang bekerja keras memperbaiki nama Sumbar dari cacat.

baca juga: Pandemi COVID-19, Hotel di Padang Ini Sempat Jualan Takjil untuk Tutupi Biaya Operasional

"Ini semua karena usaha keras teman-teman dan pemerintah juga yang telah memberikan edukasi terhadap masyarakat agar tidak mengecewakan wisatawan," sambungnya.

Ia berharap hal tersebut terus terjadi pada setiap tahunnya sehingga akan berpengaruh baik terhadap perekonomian masyarakat Sumbar sendiri.

baca juga: Hotel Mulai Beroperasi, Pemko Padang: Harus Laksanakan Protokol Kesehatan

[Halbert Caniago]

Penulis: Iwan R