Ribuan Peserta Ikuti Gowes Pesona Nusantara dan Gala Desa di Payakumbuh

Peserta Gowes Pesona Nusantara di Payakumbuh
Peserta Gowes Pesona Nusantara di Payakumbuh (KLIKPOSITIF/Ade Suhendra)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -- Ribuan peserta ikuti Gowes Pesona Nusantara dan Gala Desa di Payakumbuh , Sabtu 8 Juli 2017. Gowes Pesona Nusantara ini merupakan gerakan 'Ayo Olahraga' dengan bersepeda dan Payakumbuh adalah salah satu dari 3 Kota di Sumatera Barat yang dipilih oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga RI selain Sawahlunto dan Bukittinggi.

Sebelumnya, Jumat 7 Juli 2017 telah digelar Lomba Senam SKJ 2012 dan Senam GemuFamire serta Pemeran Kuliner dan Makanan Tradisional Kota Payakumbuh .

baca juga: Persiapan Untuk Arungi Liga 3, Gasliko Seleksi Seratusan Pemain

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Elfriza Zaharman mengatakan untuk Gowes Pesona Nusantara dan Gala Desa sendiri dipusatkan di Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah.

"Kegiatan ini dimeriahkan dengan pertunjukkan pacu itik, senam bersama Gowes Pesona Nusantara , sepeda santai, penyerahan tanah dan air dari Walikota Payakumbuh . Nanti juga dilakukan Launching Gala Desa 2017, atraksi silat dan BMX penampilan musik perkusi penampilan band lokal," ujar Kadisparpora.

baca juga: Dorong UMKM Bangun Brand Bersama, Menkop UKM Contohkan Produksi Rendang di Payakumbuh

Ia menjelaskan bahwa peserta Gowes Pesona Nusantara dan Gala Desa tersebut terbuka untuk semua kalangan baik itu anak-anak, muda, dan tua.

Secara terpisah, Kabid Pemuda dan Olahraga Doni Saputra mengatakan selain dari Gowes Pesona Nusantara juga akan diselenggarakan Gala Desa . Gala Desa ini sendiri merupakan kegiatan pembudayaan olahraga bagi masyarakat dari pedesaan hingga perkotaan dengan upaya dorongan gemar berolaga secara teratur.

baca juga: Kebaya Encim Karya Putra Luak Limopuluah, Megi Efriater Mentas di HUT DKI

"Kegiatan ini memperhatikan unsur 5 M yaitu murah, meriah, menarik, massal dan manfaat. Alhamdulillah tahun ini Payakumbuh terpilih dari 136 Kabupaten/Kota yang ditentukan Kemenpora untuk melaksanakan kompetisi dengan pertandingan 6 cabang olahraga yaitu sepakbola, sepaktakraw, bola voli, bulutangkis, tenis meja dan atletik yang dilaksanakan pada bulan Juli hingga September 2017," ujarnya.

[Ade Suhendra]

baca juga: Distribusi Air Bersih Belum Lancar, PDAM Payakumbuh Tetap Tambah 500 Pelanggan Lewat Program MBR

Penulis: Iwan R