Pintu Terbuka Saat AC Menyala = Boros Listrik!

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF  - Positifers, tahukah anda kenapa tidak boleh sering buka-tutup pintu ruangan dan jangan biarkan ada pintu yang terbuka saat AC menyala?

Untuk hemat listrik adalah alasannya. Ini juga masalah klasik dalam cara menggunakan AC. Apabila kita sering keluar masuk ruangan, pastikan pintu selalu ditutup kembali. Mengapa? Karena ketika ada pintu yang terbuka, angin dingin dari AC akan langsung keluar ruangan, dan AC akan kembali berusaha menurunkan suhu di dalam ruangan.

baca juga:

Nah apabila pintu terus terbuka, maka ukuran ruangan yang didinginkan oleh AC menjadi lebih besar dari seharusnya. Ini akan berimbas pada kompressor yang akan terus bekerja menjaga suhu ruangan agar sama dengan suhu remote. Itulah kenapa anda sering menemukan di tulisan “Pintu harus selalu dalam keadaan tertutup” di tempat-tempat yang ada AC nya.

Ini adalah salah satu cara menghemat listrik. Cara lainnya adalah, atur suhu AC sekitar 3-5°C lebih rendah dari suhu di luar ruangan. Anda bisa mengatur suhu tidak lebih dingin dari 25 °C karena sebenarnya jika ruangan sudah dalam keadaan tertutup, maka suhu ini sudah cukup untuk mendinginkan ruangan.

baca juga:

Mari hemat listrik untuk kebutuhan energi di masa mendatang Positifers!

Editor: Khadijah