Puluhan Ribu Warga Inggris Bertahan Hidup dengan Transplantasi Organ

Jumlah orang yang masih hidup di Inggris setelah menerima organ transplantasi telah melebihi 50.000 untuk pertama kalinya.
Jumlah orang yang masih hidup di Inggris setelah menerima organ transplantasi telah melebihi 50.000 untuk pertama kalinya. (pixabay)

KLIKPOSITIF - Jumlah orang yang masih hidup di Inggris setelah menerima organ transplantasi telah melebihi 50.000 untuk pertama kalinya.

Darah dan Transplantasi NHS mengatakan dalam laporan tahunannya untuk 2017 bahwa 36.300 orang menerima transplantasi ginjal, 9.800 transplantasi hati, 3.900 transplantasi jantung atau paru-paru, 2.000 orang menerima transplantasi pankreas dan 1.000 orang usus transplantasi.

baca juga: Honda Akan Tanamkan Teknologi Radar di Honda Gold Wing Terbaru

Badan tersebut mengatakan jumlah orang di Register Donor Organ NHS juga telah mencapai rekor, 23,6 juta, naik 4,9 juta selama lima tahun. Artinya 36 persen penduduk Inggris ada di daftar donor, dibandingkan 30 persen lima tahun yang lalu. "Angka tonggak telah tercapai berkat tingkat dukungan publik untuk sumbangan organ dan perbaikan tingkat ketahanan hidup," kata seorang juru bicara untuk NHS Blood and Transplant, Selasa (11/7).

Pada tahun lalu jumlah orang yang menerima transplantasi dalam satu tahun mencapai angka rekor 4.753, meningkat 20 persen dalam lima tahun terakhir. Tingkat kelangsungan hidup untuk penerima organ transplantasi terus membaik di Inggris .

baca juga: Lahir dari Embrio, Molly Jadi Bayi Tertua di Dunia

Orang dewasa yang menerima jenis transplantasi ginjal yang paling umum pada awal tahun 1990an memiliki kesempatan 66 persen yang masih berfungsi setelah lima tahun. Laporan baru tersebut menunjukkan orang dewasa yang menerima jenis transplantasi yang sama lima tahun yang lalu memiliki kemungkinan 87 persen ginjal mereka masih berfungsi sampai hari ini.

Laporan tersebut mengutip kisah Julie Melady (47) dari Lincolnshire yang menjalani transplantasi hati berhasil membuat ia bertahan hidup lebih daru 32 tahun yang lalu di Rumah Sakit Queen Elizabeth di Birmingham saat ia berusia 15 tahun. Saat ini ia bekerja sebagai penasihat hipotek dan perlindungan. Ia telah menikah dan mempunyai dua orang anak.

baca juga: Tim Inovasi Semen Padang Raih 3 Platinum di Ajang ICQCC Bangladesh

Dilansir dari laman xinhua, tahun lalu 457 orang meninggal saat menunggu transplantasi dan 875 orang lainnya dikeluarkan dari daftar, karena mereka terlalu sakit untuk menjalani operasi transplantasi. Masih ada sekitar 6.400 orang yang saat ini sedang menunggu transplantasi di Inggris .

Sally Johnson, direktur Darah dan Transplantasi NHS, mengatakan hal itu sungguh menakjubkan, dimana ia membayangkan semua orang sekarang hidup hari ini berkat sumbangan organ. Namun sekitar tiga orang masih meninggal sehari karena memerlukan transplantasi.

baca juga: WMO: 2020 Jadi Tahun Terpanas Kedua dalam Sejarah

Penulis: Fitria Marlina