Polda Sumbar Buru Narapidana Nusakambangan

Dua Napi yang Kabur dari Lapas Besi Nusakambangan
Dua Napi yang Kabur dari Lapas Besi Nusakambangan (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Jajaran Kepolisian Daerah ( Polda ) Sumatera Barat menyatakan, akan melakukan pemantauan terkait larinya seorang Narapidana asal Dharmasraya dari Lembaga Pemasyarakatan ( Lapas ) Klas IIA Nusakambangan , Cilacap, Jawa Tengah, beberapa hari lalu.

"Karena narapidana yang kabur itu berasal dari Sumatera Barat, kami akan meningkatkan pengawasan di setiap Polres," ujar Kabid Humas Polda Sumbar , Kombes Pol Syamsi, Rabu 12 Juli 2017.

baca juga: Puluhan Pengendara Masih Melanggar Saat Operasi Zebra, Ini Imbauan Polres Tanah Datar

Ia mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak Lapas Nusakambangan . "Kami juga berharap dukungan dari masyarakat agar bisa membantu mengawasi pergerakan narapidana itu," katanya.

Narapidana yang saat ini telah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) pihak kepolisian atas nama Hendra bin Amin tersebut menurut pihak Polda Sumbar diketahui melarikan diri ke arah provinsi ini.

baca juga: Tinjau Food Estate di Sumut, Jokowi: Hasilnya Terlihat 2,5 Bulan Lagi

"Kami melakukan penjagaan di lokasi rumah narapidana yang melarikan diri tersebut dan beberapa personel sudah dikerahkan," sambungnya.

Ia mengajak masyarakat jika melihat narapidana tersebut untuk menginformasikan kepada pihak kepolisian agar bisa diamankan.

baca juga: Per November, Garuda Berhentikan 700 Karyawan Kontrak

"Untuk pihak keluarga, jika ia pulang ke rumah lebih baik diserahkan langsung kepada kami dan kami akan mengantarkannya lagi ke Nusa Kambangan," himbaunya.

Sehubungan dengan itu, sebelumnya diberitakan dua narapidana Lapas Klas IIA Nusakambangan , Cilacap, Jawa Tengah kabur dari lembaga permasyarakatan tersebut pada Minggu 9 Juli 2017 siang.

baca juga: Kemenperin Dorong IKM Manfaatkan Teknologi Digital

Koordinator Kepala Lapas Nusakambangan , Abdul Aris mengatakan kedua narapidana tersebut kabur dengan menjebol plafon dan genteng dari kamar mandi di dalam blok ruang tahanan tersebut.

"Kejadian ini diketahui sekitar pukul 13.15 WIB kemarin, sekarang mereka masih diburu," katanya saat dihubungi KLIKPOSITIF .

Satu dari dua narapidana itu merupakan warga Jorong Seberang Piruoko, Koto Baru, Dharmasraya , Sumatera Barat atas nama Hendra bin Amin yang mendapatkan hukuman 10 tahun penjara atas kasus pencurian.

Narapidana kedua yakni Agus Triyadi bin Masimun warga Cilacap yang ditahan 14 tahun penjara atas kasus pencurian. [Halbert Caniago]

Penulis: Eko Fajri