Bidan dan Perawat Datangi Rumah Warga di Dharmasraya

Germas
Germas (ist)

DHARMASRAYA , KLIKPOSITIF -- Program gerakan masyarakat sehat ( Germas ) di Kabupaten Dharmasraya sudah dimulai.

Petugas kesehatan seperti perawat dan bidan sudah tampak turun ke rumah-rumah menanyakan persoalan kesehatan masyarakat.

baca juga: Kunker ke Dharmasraya, BKKBN Sumbar Dorong Pelaksanaan Program Bangga Kencana

Perawat Sungai Dareh, Irwildayati yang ditemui di salah satu rumah di kawasan perumahan Ranah Tibarau, Jorong Pulau Punjung mengatakan, kegiatan turun ke masyarakat di lakukan hingga tanggal 20 Juli mendatang.

"Kita mendata. Menanyakan persoalan kesehatan masyarakat dan mencarikan solusinya. Pendataan seperti persoalan penyakit," ungkapnya Selasa 11 Juli 2017.

baca juga: Penuhi Janji Kampanye, Pasangan SR-Labuan Mendapat Dukungan Warga Timpeh

Irwildayati yang ditemani rekannya Rita juga menanyakan kelayakan MCK, sumur yang dipakai, dan lainnya. "Persoalan kesehatan seperti tensi, gula darah, kalau tidak stabil kita anjurkan untuk berperilaku sehat," sebutnya.

Yang tak tertinggal katanya adalah mengimbau masyarakat untuk berhenti merokok. "Kami selalu ajak masyarakat berhenti merokok. Setidaknya mengurangi," ucapnya.

baca juga: Didukung Kaum Perempuan, Istri Sutan Riska dan Istri Dasril Panin Hadiri 5 Pertemuan Hari Ini

Hendri Pratama, masyarakat Perumahan Ranah Tibarauenulai program kementerian kesehatan RI tersebut sangat baik. Namun, kegiatan bukan hanya berbentuk imbauan, namun lebih pada solusi konkrit.

"Misalkan ada masyarakat yang tidak layak guna, kalau bisa dibuatkan pemerintah. Kebanyakan memang karena masyarakat tersebut memang tidak mampu membuat jamban yang sehat. Karena faktor ekonomi," sebutnya.

baca juga: Jembatan Pulai Menjadi Kebanggaan Warga, Bupati Diminta Terus Melanjutkan Pembangunan Kedepannya

[Cecep]

Penulis: Rezka Delpiera