Ribuan Pesepeda Ramaikan Gowes Nusantara di Kota Sawahlunto

Pelepasan Pesepeda Gowes Pesona Nusantara
Pelepasan Pesepeda Gowes Pesona Nusantara (KLIKPOSITIF/Ocky Anugrah Mahesa)

SAWAHLUNTO , KLIKPOSITIF -- Ribuan pesepeda memadati halaman kantor Walikota Sawahlunto dalam rangka iven Gowes Pesona Nusantara pada Sabtu 15 Juli 2017 pagi. Iven ini merupakan yang pertama kalinya digelar di kota bekas tambang tersebut.

Dalam iven yang merupakan program dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia ini tampak diikuti oleh ribuan pesepeda yang merupakan warga Kota Sawahlunto sendiri dan beberapa komunitas sepeda yang ada di beberapa daerah di Sumatera Barat.

baca juga: Andre Rosiade Minta Menteri BUMN Percepat Pengalihan Lahan PTBA di Sawahlunto

Selama iven berlangsung, pesepeda menempuh jarak 8 kilometer mengelilingi Kota Sawahlunto dengan rute yang dilewati yakni dari halaman kantor Walikota menuju TPU Air Karuah Sapan, lalu berputar ke Pasar Remaja, melintasi Taman Silo dan terus ke Museum Kereta Api.

Kemudian pesepeda melewati Mesjid Agung Sawahlunto , terus ke depan rumah Walikota dan finish di Lapangan Segitiga setelah melewati Jembatan Aur Muryo.

baca juga: Bahas Pengalihan Aset Pascatambang, Andre Rosiade Fasilitasi Wako Sawahlunto Bertemu Dirut Mind ID-PTBA

"Kami sangat senang bisa menjadi bagian dari kegiatan ini, dan masyarakat tampaknya sangat antusias," kata Walikota Sawahlunto , Ali Yusuf pada KLIKPOSITIF .

Menurut Ali Yusuf, kegiatan ini salah satu upaya pemerintah untuk menumbuhkan semangat berolahraga bagi masyarakat, "Selain itu, kegiatan ini juga bagian dari promosi wisata kota tambang," ujarnya kemudian.

baca juga: Gubernur Sumbar Canangkan Gerakan Produksi dan Minum Madu Galo-galo di Sawahlunto

Selain bersepeda, peserta iven Gowes Pesona Nusantara ini juga akan mendapatkan kesempatan untuk meraih sejumlah hadiah di lokasi finish.

Kegiatan ini merupakan iven nasional yang diselenggarakan di 90 Kabupaten dan Kota di Indonesia, dan Sawahlunto adalah salah satu kawasan yang mendapat kesempatan untuk mengadakan kegiatan ini.(*)

baca juga: Sandiaga Minta Andre Rosiade Bantu Percepatan Pengembangan Pariwisata Sawahlunto

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa