Ini Kata Bupati Terkait Wacana Pemindahan Pusat Ibu Kota Pessel

Pantai Carocok Painan, salah satu objek wisata andalan Pessel
Pantai Carocok Painan, salah satu objek wisata andalan Pessel (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni tidak sependapat dengan wacana pemindahan ibu kota Pessel . Sebab, Kota Painan masih diharapkan tetap menjadi pusat kota kabupaten.

"Saya tidak sependapat. Kota Kabupaten Pessel , tetap Painan," tegas Hendrajoni kepada awak media, Senin 17 Juli 2017.

baca juga: Tim BNPB Verifikasi Usulan Pemkab Pessel Terkait Kebencanaan Daerah

Dijelaskannya, kalau wacana tersebut dijadikan alasan untuk mengoptimakan pelayanan di tengah masyarakat, pemerintah akan siap untuk mensiasati setiap kendala yang dialami masyarakat, tanpa harus memindakan pusat pemerintahan.

"Karena jarak yang jauh itu, pemerintah akan bentuk UPTD untuk melayani mayarakat sampai ke Lunang-Silaut. Kita yang akan datang ke masing-masing kecamatan nantinya untuk memenuhi pelayanan masyarakat," terangnya.

baca juga: Soal Anggaran COVID-19 di Pessel, DPRD Minta Pengawasan Penegak Hukum

Lanjutnya, untuk mempersiapkan sebuah kota dan melengkapi pusat pemerintahan tidak bisa didukung dengan anggaran yang sedikit. Sebab, mulai dari sarana dan falitasnya harus dimulai dari awal, dan itu mustahil untuk terwujud, mengingat kondisi keuangan  Pessel .

"Dari mana anggarannya, kan besar itu, jadi ngawur itu. Yang ngomong itu, yang masuk akal saja. Kira-kiralah," sebutnya.

baca juga: BLT Kemensos Tidak Seluruhnya Cair di Pessel, Pemkab Janjikan Ini

Disamping itu, Hendrajoni juga menanggapi terkait pengurusan pemekaran daerah Pessel . Ia menyebut, masalah pemekaran tengah diproses di pusat, dan pemerintah daerah menurutnya hanya bersifat menunggu.

"Pemekaran bukan ranah kita, itu semua sudah dipusat. Karena pengurusannya semua sudah di sana, tentu kita menunggu bagaimana keputusan pusat," pungkasnya.

baca juga: Di Tengah Pandemi, Pemkab Pessel Dapat Kucuran APBN Rp30 Miliar Untuk Air Bersih dan Sekolah

[Kiki Julnasri]

Penulis: Iwan R