Kejati Sumbar Awasi Proyek Strategis Nasional, Ini Tujuannya

()

PADANG , KLIKPOSITIF -- Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat, terus melakukan pengawasan terhadap proyek strategis nasional , dengan tujuan meminimalisir kerugian negara akibat penyelewengan anggaran dalam setiap kegiatan pembangunan di provinsi ini.

Pengawasan Kejati melalui Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) berdasarkan instruksi dari Jaksa Agung untuk melakukan pengawalan proyek pemerintah yang berhubungan lansung dengan masyarakat.

baca juga: Panjat Tebing - Tiga Atlet Sumbar Lolos pada Babak Kualifikasi

Asisten Inteligen Kejati Sumbar , Yuswadi, Sabtu 21 Juli 2017, mengatakan, saat ini Kejaksaan Tinggi telah melakukan pengawasan terhadap proyek yang dilakukan oleh PLN Persero di daerah Kabupaten Agam.

"Selain itu juga ada proyek Universitas Negeri Padang (UNP), proyek IAIN Imam Bonjol Padang dan proyek PU," jelasnya.

baca juga: Gelar Standardisasi, MUI: Dai Harus Memiliki Pengetahuan Agama dan Kebangsaan yang Memadai

Pengawasan yang dilakukan tersebut mulai dari pengawasan perencanaan pembangunan, legal opinion, pengerjaan, hingga evaluasi proyek yang sedang dikerjakan kontraktor.

"Evaluasi terhadap proyek tersebut diperlukan untuk menjamin tidak adanya kerugian negara," tegasnya.

baca juga: Cegah Masuknya Varian MU, Legislator Minta Pemisahan Jalur Kedatangan di Bandara

Ia mengatakan bahwa proyek yang didampingi tersebut tidak semua proyek, tetapi hanya beberapa yang nilai besar saja. "Hanya nilai proyek yang besar saja yang kami dampingi," lanjutnya.

Dengan adanya pendampingan tersebut ia berharap agar kerugian negara atas sebuah pembangunan dapat diminimalisir dan dapat diatasi. [Halbert Caniago]

baca juga: Usai Kunjungan Andre Rosiade-Kepala Daerah, Erick Thohir Turunkan Tim ke Sumbar

Penulis: Eko Fajri