Kloter Pertama Jamaah Calon Haji Embarkasi Padang Berangkat Jumat Ini

Ilustrasi
Ilustrasi (Pixabay)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Ribuan jamaah calon haji embarkasi Padang akan mulai diberangkat ke tanah suci pada Jumat 28 Juli mendatang.

Pemberangkatan jemaah tersebut menggunakan pesawat Garuda Indonesia Boing 777 Seri 300 ER dengan kapasitas 393 penumpang.

baca juga: Awasi 100 Kampanye Tatap Muka Bawaslu Solsel Ingatkan Paslon Patuhi Protokol Kesehatan

"Kloter pertama berangkat tanggal 28 nanti, dan tanggal 27 itu jamaah sudah masuk ke asrama," kata Kepala Bagian Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Sumatera Barat, Irwan.

Ia menyebutkan, pada musim haji tahun ini, jumlah jamaah yang berangkat untuk menunaikan ibadah umat Muslim tersebut mencapai 6.349 yang sudah masuk di dalamnya petugas kloter.

baca juga: Peduli Usaha Mikro di Tengah Pandemi, Bank Nagari Berikan Pinjaman Tanpa Agunan

"Jumlah itu merupakan jamaah dari Sumatera Barat dan Bengkulu. Dari Sumbar sendiri ada 4.688 orang yang sudah termasuk di dalamnya petugas," jelas Irwan.

Jumlah jamaah calon haji tahun ini terhitung lebih banyak dari tahun 2016 lalu, tahun lalu jumlah jamaah hanya 3.599. Sedangkan tahun ini jumlahnya meningkat dan terbagi dalam 17 kloter.

baca juga: Bawaslu Pasbar Kembali Teruskan Dua Kasus Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN

"Tahun ini ada 80 petugas yang akan berangkat bersama jamaah. Dari 80 itu, 60 diantaranya merupakan petugas untuk jamaah dari Sumbar , dan sisanya untuk jamaah dari Bengkulu," pungkasnya kemudian.

Pemberangkatan jamaah calon haji mulai dilakukan mulai Jumat 28 Juli 2017 hingga 15 Agustus mendatang. Sedangkan untuk pemulangan akan dilakukan mulai 6 September hingga 25 September.(*)

baca juga: Tren Pelanggaran Perda AKB di Pariaman Meningkat

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa