KI Sumbar Terus Pantau Rekrutmen Pengawas Pemilu

Ilustrasi
Ilustrasi (net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Komisi Informasi Sumatera Barat yang melakukan pemantauan terhadap perekrutan calon pengawas Pemilu , untuk Panwaslu Kabupaten dan Kota yang tinggal satu tahapan lagi yaknk fit and propertest oleh Bawaslu Sumbar dinilai masih transparan.

"Dari pantauan Komisi Informasi Sumbar , Pansel Panwaslu kota dan kabupaten telab bekerja sesuai asas keterbukaan informasi publik," ujar Komisioner KI Sumbar , Adrian Tuswandi, Rabu (26/7).

baca juga: Ada 17 Penambahan Positif COVID-19 di Sumbar per 3 Agustus 2020

Menurut Adrian Pansel sudah bekerja maksimal, terbukti dengan tidak adanya pengaduan dari calon yang gagal mempertanyakan soal keterbukaan dari Pansel.

"Tidak ada pengaduan, berarti Pansel sudah bekerja sesuai semangat keterbukaan yang diatur oleh UU 14 Tahun 2008,"ujarnya.

baca juga: Poros Baru Pilgub Sumbar Terbentuk, Ketua DPW PKB Sumbar: Saya dan Faldo Harus Daftar

Sedangkan tentang rekruitmen calon anggota Bawaslu Sumbar , Adrian yakin Pansel akan mencermati soal proses terbuka.

"Pastilah karena Pansel diisi oleh individu profesional yang sangat pro dengan transparansi publik, siapa yang tidak kenal kredibilitas Pak Otong, Pak Zul Efendi, Pak Asrinaldi dan Pak Feri Amsari, sehingga itu KI optimis proses seleksi Bawaslu Sumbar ,"ujar Adrian.

baca juga: Viral Wanita Bakar Bendara Merah Putih, Ngaku Diperintah Pimpinan PBB

Sedangkan untuk peminat KI Sumbar memastikan akan melimpah, sehingga persiangan menjadi calon terpilih ketat. "Untuk menghidari kecurigaan seleksi maka transparansi sangat penting,"ujar Adrian.

Sementara Adrian disebut akan maju seleksi Bawaslu , kepada wartawan membantah.

baca juga: Prabowo Teken Dukungan Gerindra untuk Gibran Jadi Wali Kota Solo

"Tidaklah, saya masih terikat kontrak moral di KI Sumbar sampai 2018, dan bukan tipe saya disersi saat tugas," jelasnya.(*)

Penulis: Eko Fajri