Hattrick, Basri Datuk Rajo Usali Kembali Jadi Ketua KAN Lubuk Kilangan

Basri Datuk Rajo Usali
Basri Datuk Rajo Usali (ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Basri Datuk Rajo Usali kembali terpilih sebagai Ketua Kerapatan Adat Nagari ( KAN ) Lubuk Kilangan, Kota Padang untuk periode 2017-2022. Terpilihnya calon petahana tersebut dilakukan secara langsung di Kantor KAN Lubuk Kilangan pada Rabu, 27 Juli 2017.

Informasi yang dihimpun, ada tiga nama ninik mamak Lubuk Kilangan yang maju sebagai Ketua KAN untuk periode 2017-2022. Ketiga nama tersebut selain calon petahana, yaitu Nawirman Datuk Tumanggung dari Suku Koto dan Armansyah Datuk Gadang dari Suku Sipanjang.

baca juga: Lokasi Wisata di Zona Merah dan Orange Harus Tutup Saat Libur Lebaran, Ini Tanggapan Wali Kota Padang

Dalam pemilihan yang dipimpin Penasehat KAN Lubuk Kilangan Bartius Datuk Rajo Alam tersebut, Ketua KAN terpilihs Basri Datuk Rajo Usali unggul dari dua calon lainnya karena berhasil memperoleh 14 suara dari 22 suara pemilih yang berasal dari ninik mamak enam suku di Nagari Lubuk Kilangan .

Sedangkan Nawirman Datuk Tumanggung dan Armansyah Datuk Gadang, masing-masing meraih 6 suara dan 2 suara. "Pemilihan Ketua KAN untuk periode 2017-2022 ini, menjadi sejarah bagi Basri Datuk Rajo Usali, karena terpilih secara berturut-turut sebanyak tiga kali, atau hattrick," kata salah seorang tokoh ninik mamak di Lubuk Kilangan.

baca juga: Jasa Penukaran Uang di Pinggir Jalan Lesu Jelang Lebaran

Ketua KAN Lubuk Kilangan terpilih Basri Datuk Rajo Usali mengaku bangga sekaligus senang, karena ninik mamak enam suku (Melayu, Tanjung, Chaniago, Sipanjang, Koto dan Jambak) masih mempercayakan dirinya untuk menjadi Ketua KAN periode 2017-2022.

"Alhamdulillah, jabatan ini amanat dan saya akan jalankan serta pertanggungjawabkan jabatan Ketua KAN ini dengan sebaik-baiknya. Saya juga beraharap agar ninik mamak dan kemenakan, semakin kompak untuk membangun Nagari Lubuk Kilangan ke depannya," kata Basri.

baca juga: Pesanan Mulai Meningkat, Pembuat Keranjang Parsel Kembali Bernapas Lega

Dalam waktu dekat ini, tambah Basri, dirinya akan memilih sejumlah ninik mamak yang akan mengisi sejumlah pos kepengurusan Ketua KAN periode 2017-2022 seperti wakil, sekretaris dan bendahara. Namun, Basri tidak menjelaskan siapa nama-nama yang akan dipilih untuk membantu dirinya dalam kepengurusan KAN 5 tahun ke depan.

"Nanti akan saya sampaikan siapa-siapa saja ninik mamak yang akan membantu saya di KAN . Soalnya, pemilihannya baru dilakukan habis Zuhur kemarin," tambahnya

baca juga: YBM PLN Sumbar - DD Singgalang Berbagi Paket Sembako di Padang

Penulis: Riki