APPSI Kecam Tindakan Arogan Kadis Pasar Kota Padang

Potongan Video Kadis Pasar viral di dunia maya
Potongan Video Kadis Pasar viral di dunia maya (Ist)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Ketua DPW APPSI (Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia) Desrio menyayangkan sikap yang pertontonkan Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang , Endrizal terhadap pedang kaki lima (PKL) yang perjualan disekitar jalan Pasar Raya Padang .

Katanya Perbuatan itu sangat melukai hati pedang dan organisasi. Kadis seharusnya memberikan contoh yang baik dan perlindungan kepada PKL.

baca juga: DPRD Padang Sesalkan Sampul LKS Bergambarkan Walikota

"Melihat rekaman video yang menjadi viral di media sosial ini sepertinya kadis pasar ini mengamuk hanya karna dagangan PKL itu agak maju ke depan. apa salahnya disuruh pindahkan baik baik, kenapa harus dilempar-lempar," sebutnya kepada KLIKPOSITIF , Minggu (30/7) di Padang .

Menurutnya, jika dilokasi tersebut tidak diperbolehkan berdagang mestinya dari pagi sudah ditugasi petugas trantib untuk melarang berjualan. bukan setelah mereka menghampar dagangan lalu di obrak abrik. APPSI menolak anarkisme dan kearogansian terhadap pedagang . binalah mereka dengan sabar dan cara yang sebaik baiknya.

baca juga: Sejumlah Pedagang di Sekitar Lokasi Kebakaran di Padang Mulai Selamatkan Barang-barang

"Kami tidak akan pernah memaafkan sikap brutal dan arogan seperti yg dipertontonkan itu," tegasnya

Dilanjutkan Desrio "saya minta Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang , Endrizal mengganti segala kerugian pedagang tersebut,". Dia juga meminta Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah mengambil sikap terkait persoalan tersebut.

baca juga: Kawasan Pasar Raya Barat Padang Terbakar, Api Terlihat Membubung Tinggi

Sikap kadis sungguh tidak cocok dengan kepemimpinan walikota yang islami. Apalagi itu akan memberi celah kepada bawahannya yang lain untuk memperlakukan masyarakat secara sewena-wena.

"Warga kota padang akan melihat sikap bijak seorang "buya" atas kejadian tersebut. Secara kelambagaan APPSI tidak akan menyurati walikota. Kami tidak akan menyurati karena kami yakin walikota sudah mengetahui peristiwa diatas dan tahu apa tindakan yang akan beliau lakukan," katanya.

baca juga: Gambar Wali Kota Padang Diduga Jadi Cover Buku LKS , DPRD Akan Panggil Dinas Pendidikan

Menanggapi hal itu Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang , Endrizal saat dihubungi KLIKPOSITIF mengakui dalam video tersebut adalah dirinya, Namun Dia mengatakan video tersebut tidak mewakili kejadian secara keseluruhan dilapangan.

"Video itu dipotong, sebagian saja yang ditampilkan seolah-olah saya arogan," sebutnya.

Dia menceritakan "sewaktu saya lewat disitu dan mendapati salah seorang pedagang yang berjualan dibadan jalan, saya klakson tidak direspon dan malah marah hingga pedagang itu meninju mobil saya, menuju mobil bagi saya tidak masalah. Tapi yang berjualan dibadan jalan padahal dibelakang macet masih saja didiamkan," katanya.

Selanjutnya, setelah mengetahui dirinya didalam mobil tersebut baru si pedagang mengaku salah. Disitu mulai saya marah," jelasnya.

Ia menambahkan, dilapangan setelah mengetahui dirinya pedagang sempat minta maaf. Namun pihaknya harus tegas agar yang tidak mencontoh perbuatan tersebut. "Padahal sebelumnya sudah ditegur oleh temannya sesama pedang tapi tetap saja berjualan dibadan jalan,"pungkasnya. [Joni Abdul Kasir]

Penulis: Eko Fajri