Hama Tikus Serang Tanaman Padi di Sutera Pessel

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Haswandi)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Pesisir Selatan -Sumbar menyebut kerusakan tanaman padi akibat hama tikus di Kecamatan Sutera Pessel hampir mencapai 2 hektare dengan kategori kerusakan sedang pada pertengahan tahun ini.

"Serangan hama tikus yang baru dilaporkan dari Nagari Aur Duri seluas 1,7 hektare dan Amping Parak Timur seluas 0,25 hektare," kata Kepala Bidang Tanaman Pangan Hortikultura, Pesisir Selatan , Widia kepada KLIKPOSITIF , Kamis 3 Agustus 2017.

baca juga: Masyarakat Penerima Banpres UMKM Serbu Kantor Kas BNI Painan Urus Hal Ini

Menurutnya, serangan hama tikus ini sulit untuk kendalikan, sebab umur tanaman padi yang diserang pada pertengahan tahun ini rata-rata sudah berumur lebih dua bulan sejak musim panen.

"Jika dilakukan pengendalian dengan pemburuan massal saat ini memang tidak bisa kami lakukan, karena umur tanaman padi di Sutera yang terserang itu sudah berumur sampai dua bulan. Jika dilakukan pemburuan tikus maka berpotensi merusak padi yang ada," terangnya.

baca juga: Waspada Zat Berbahaya, Pemkab Pessel Imbau Masyarakat Teliti Membeli Makanan

Menurutnya, untuk mengatisipasi serang hama tikus yang terjadi di Kecamatan Sutera saat ini, pihaknya telah menebar racun hama, hingga pemasangan jebakan. 

"Setidaknya kita bisa meminimalkan kerugian petani akibat serangan hama," harapnya.

baca juga: Pelajar dan Karyawan Bank di Pessel Sembuh dari COVID-19

Ia berharap kepada petani agar lebih mengutamakan kebersihan area persawahan mulai dari proses bercocok tanam hingga masa penen. Sebab, salah satu pemicu dari banyaknya serangan hama tikus itu menurutnya dikarenakan adanya semak-semak di area persawahan.

[Kiki Julnasri]

baca juga: Tiga Hari Pencarian, Kasmanto Ditemukan Meninggal di Belakang Masjid

Penulis: Iwan R