Pendaftar CPNS Formasi Dokter Spesialis Penyakit Dalam Baru Satu Orang

ilustrasi
ilustrasi (pixabay.com)

KLIKPOSITIF -- Pendafataran Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS ) di lingkungan Kementrian Hukum dan HAM ( Kemenkumham ) dan Mahkamah Agung (MA) resmi dibuka sejak Selasa (1/8). Hingga empat hari pendaftaran dibuka (Jumat (4/8), terlihat ketimpangan jumlah pelamar di beberapa formasi. Terutama formasi penjaga tahanan dan dokter spesialis.

Formasi penjaga tahanan paling banyak diminati dengan 129.358 pelamar. Adapun formasi yang paling sedikit pelamar adalah Dokter Spesialis  yaitu dokter spesialis penyakit dalam pertama baru seorang peminat, dan dokter spesialis anak pertama baru 6 pelamar.

baca juga: Wagub Sumbar: Curang Saat Tes CPNS Rugikan Diri Sendiri

Berdasarkan data rekap pendaftaran CPNS di https://sscn.bkn.go.id/ yang dinukil dari situs setkab, total jumlah pelamar CPNS di Kemenkumham dan MA sudah mencapai 240.822 orang.

Dari jumlah itu pelamar untuk formasi penjaga tahanan di Kemenkumham mencapai 129.358 orang, disusul Analis Keimigrasian Pertama ( Kemenkumham ) sebanyak 38.034 pelamar, dan Auditor Pertama di Kemenkumham sebanyak 7.018 pelamar.

baca juga: Lima Peserta CPNS Padang Positif Covid-19, BKN Jadwalkan Ujian Ulang Pada 26 September

Adapun formasi spesial seperti penjaga tahanan untuk putra/putri Papua dan Papua Barat diminati oleh 2.042 pelamar, pembimbing kemasyarakatan pertama untuk lulusan terbaik sebanyak 239 orang, analis keimigrasian pertama lulusan terbaik 1.553 pelamar, pemeriksa merk pertama untuk lulusan terbaik 280 orang, analis perlindungan hak-hak sipil dan dan hak asasi manusia untuk disabilitas fisik 77 pelamar, calon hakim peradilan agama Mahkamah Agung untuk putri/putri Papua dan Papua Barat baru 7 pelamar. (*)

Penulis: Pundi F Akbar